Panwascam Arcamanik Launching FORUM WARGA, Ketua Bawaslu: Perluas Mata dan Telinga

Ketua Bawaslu Kota Bandung Dimas Arya Iskandar (kiri) didampingi Ketua Panwascam Arcamanik Rully Nova Salsabila saat Launching Forum Warga yang berlangsung di SMP Muhammadiyah 9 Kota Bandung, Kamis (11/7/2024) / Foto: dok.Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com – Menyongsong Pemilu 27 November 2024, Panitia Pengawas Kecamatan  (Panwascam) Arcamanik Kota Bandung menggelar acara Launching Forum Warga yang berlangsung di SMP Muhammadiyah 9 Kota Bandung, Kamis (11/7/2024). 

Dipantau langsung Beritainspiratif.com di lokasi acara, Ketua Bawaslu Kota Bandung Dimas Arya Iskandar dalam sambutannya berpesan selain kita melakukan pengawasan tahapan-tahapan pemilu, kita juga  melakukan pengawasan terhadap subjek-subjek yang menjadi objek pengawasan seperti netralitas ASN, TNI – Polri, lalu kita juga harus memastikan tempat pendidikan (kecuali universitas, red), ibadah dan fasilitas pemerintah, itu tidak boleh digunakan untuk kegiatan kampanye.

“Mengingat keterbatasan sdm pengawasan, jika warga menemukan adanya  penyimpangan dalam pelaksanaan kampanye, setidak-tidaknya bapak/ibu bisa memberikan informasi meskipun tidak menjadi  pelapor, silahkan laporkan kepada pengawas pemilu,” tegasnya.

Dimas menambahkan, dengan kompleksitas objek dan intesitas yang cukup sulit, untuk dilakukan pangawasan sendiri maka ada fungsi kedua yang kita lakukan yaitu fungsi pencegahan.

“Fungsi pencegahan ini dilakukan melalui sosialisasi berwawasan partispatif seperti kegiatan hari ini, sebagai upaya menekan atau mencegah terjadinya dugaan pelanggaran serta memperluas mata dan telinga serta menjadikan bapak/ibu kepanjangan tangan kami untuk melakukan pengawasan setidak-tidaknya diwilayah masing-masing,” ungkap Dimas.

Baca Juga: Pemakaman di Kota Bandung Tak Perlu Datang ke TPU! Cukup Daftar via Aplikasi SIMPELMAN

Sementara itu, Ketua Panwascam  Arcamanik Rully Nova Salsabila menyampaikan bahwa tanggungjawab keberlangsungan pilkada 2024 ini bukan semata berada di KPU, Bawaslu dan DKPP.

“Semua masyarakat, semua elemen masyarakat diminta untuk turut serta berperan aktif atas keberlangsungan Pilkada 2024 ini dan bermitra dengan warga di kewilayahan masing-masing,” ungkapnya.

“Diharapkan setelah pembentukan forum warga ini, masyarakat tidak diam akan tetapi ikut berperan aktif di kewilayahannya,” pungkasnya.

Baca Juga: 4 Guru SD di Kota Bandung Terima Beasiswa dari The Ohio State University Amerika Serikat

Di kesempatan yang sama, Komisioner Panwascam Arcamanik Indra Ramdani menyampaikan bahwa mengingat pentingnya peran pengawasan dan keterbatasan sdm pengawasan di kelurahan, diperlukan peran aktif dari kewilayahan.

“Diharapkan kewilayahan berperan aktif membantu melakukan tugas pengawasan dalam pilkada 2024,” harapnya.

Sebelumnya Bawaslu juga telah melaunching pojok pengawasan, yang  menjadi tempat untuk berdiskusi dan menggali informasi tentang pemilu.

“Silahkan datang ke Sekretariat Panwascam Arcamanik di Jalan Panca Tengah III Cisaranten Kulon, Arcamanik, Bandung,” pesannya.

Selain itu, Komisioner Panwascam Arcamanik Dani Gumilar juga mengharapkan bantuan dari seluruh Forum Warga yang hadir untuk berperan aktif dalam pengawasan Pemilu 2024.

“Bila terdapat penyimpangan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 nanti, tolong disampaikan kepada kami,” ujarnya.

Baca Juga: KOMPETISI INOVASI JAWA BARAT 2024 Kembali Dibuka! Pendaftaran hingga Agustus 2024

Ketua Panitia Launching Forum Warga se Kecamatan Arcamanik Hanifah dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari Forum Warga ini adalah melaksanakan strategi pencegahan melalui pengawasan partisipatif dalam mewujudkan pemilihan yang berintegrasi.

“Diharapkan masyarakat yang ada di Kecamatan Arcamanik dapat memahami pengetahuan tentang pengawasan pemilu. Selain itu juga akan dapat menciptakan masyarakat yang aktif berpartisipasi pada Pilkada serentak 2024,” ujarnya.

Dalam Launching Forum Warga tersebut, acara juga diisi dengan paparan materi dari narasumber dari Bawaslu Kota Bandung (demisioner) dan Akademisi dari UIN Bandung.

Tercatat jumlah anggota Forum Warga Panwaslu Kecamatan Arcamanik mencapai 50 orang, mereka merupakan perwakilan dari tiap Kelurahan dimana setiap kelurahan diwakili oleh 11-12 orang warga, yang akan membantu Panwascam Arcamanik dalam melakukan pengawasan Pemilu 2024.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

-Inilah Rangkaian Acara Hari Jadi ke-214 Kota Bandung hingga Bulan Oktober 2024

-Pengurus FK KIM Kota Bandung Masa Bakti 2024-2027 Dilantik, Ini Pesan Diskominfo!

-Perjalanan Karir DHARMAWAN, Pj Sekda Kota Bandung yang Baru

-Pemakaman di Kota Bandung Tak Perlu Datang ke TPU! Cukup Daftar via Aplikasi SIMPELMAN

Berita Terkait