Buruan Sae Kelurahan Merdeka Bandung Tembus ke Rumah Makan dan Supermarket

Buruan Sae Kelurahan Merdeka Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Gagasan Buruan SAE Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, telah dilaksanakan sejak tahun 2019 - 2020. Gagasan  ini berawal dari kekhawatiran terhadap ketergantungan pangan kota bandung yang mencapai 96% berasal dari luar daerah.

Buruan Sae saat ini telah mulai menjamur hampir di setiap kelurahan di Kota Bandung.

Tak terkecuali di Kelurahan Merdeka Buruan Sae Griya Hijau Hidroponik ini, hasilnya sudah dipasarkan ke resto hingga supermarket.

Program Buruan Sae ini menjadi salah satu program unggulan di Kota Bandung. Dengan lahan yang terbatas, kita dapat melakukan penanaman berbagai jenis sayuran hingga buah yang bisa manafaatkan oleh masyarakat.

"Di sini tanaman sayuran hingga buah, hasil panennya sudah menyuplai ke supermarket hingga rumah makan. Seperti Hypermart, Wong Solo dan Justus," tutur Lurah Merdeka, Tri Priyanto Manunggal.

Selain untuk bisnis, lanjut Tri, hadirnya Buruan Sae juga menjadi media edukasi bagi para pelajar untuk meningkatkan ilmunya.

"Kawasan ini juga bisa menularkan ilmu ke pelajar. Jadi Buruan Sae digunakan untuk memberikan ilmu kepada mahasisiwa yang sedang magang atau penelitian," bebernya.

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Senang Saat Meninjau Hari Ketiga MPLS di SMKN 1 Kota Bandung

Baca Juga: BNN Kota Bandung Bangun Gedung Rehabilitasi Narkoba PERTAMA di Jabar

Tak hanya itu, Buruan Sae juga dimanfaatkan para pensiunan untuk belajar. Pasalnya mereka yang ingin mengisi masa tuanya berminat untuk bercocok tanam melalui Buruan Sae.

"Pensiunan pun minat pada kegiatan ini. Ada pelatihannya, jadi tidak hanya segi ekonomi saja, juga ada edukasi," ungkapnya.

Tri mengungkapkan dengan Buruan Sae mampu memberikan makanan tambahan bagi bayi atau balita yang terindikasi stunting.

"Buruan Sae berperan mengatasi stunting, meskipun disini tidak ada yang stunting, hanya terindikasi saja sekitar 6 balita," pungkasnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(RV) 

-Inilah Rangkaian Acara Hari Jadi ke-214 Kota Bandung hingga Bulan Oktober 2024

-Pengurus FK KIM Kota Bandung Masa Bakti 2024-2027 Dilantik, Ini Pesan Diskominfo!

-Perjalanan Karir DHARMAWAN, Pj Sekda Kota Bandung yang Baru

-Pemakaman di Kota Bandung Tak Perlu Datang ke TPU! Cukup Daftar via Aplikasi SIMPELMAN

Berita Terkait