Anak Berprestasi BILQIS PRISCILLA Siswi SMPN 2 Cimahi, Wakili JABAR ke Tingkat Nasional

Bilqis Priscilla, siswi SMP Negeri 2, Kota Cimahi, usai menerima penghargaan sebagai anak berprestasi di Papua, Selasa (23/7/2024) / Humas Jabar


BERITRAINSPIRATIF.COM - Bilqis Priscilla, siswi kelas IX SMP Negeri 2, Kota Cimahi, ditetapkan sebagai anak berprestasi Indonesia dan mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional. Bilqis menerima piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum Organisasi Aksi Solidariti Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) Tri Suswati Tito Karnavian. 

Penyerahan piagam penghargaan itu disaksikan langsung Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara pada puncak Hari Anak Nasional Ke-40 Tahun 2024 di Istora Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (23/7/2024). 

Bilqis akan mewakili Jabar bersama 37 anak berprestasi lainnya dari seluruh provinsi di Indonesia. Selain Bilqis, ada juga empat orang anak mewakili tiap daerah menerima beasiswa PIP (Program Indonesia Pintar). 

Bilqis datang ke Jayapura didampingi Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jabar Amanda Soemedi Bey Machmudin dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jabar sebagai organisasi yang menaungi anak-anak di Jawa Barat. 

Ditemui usai acara, Amanda mengutarakan kebanggaannya merayakan langsung Hari Anak Nasional bersama ribuan anak di seluruh Indonesia. Kebanggaannya terasa lengkap setelah satu anak Jabar terpilih menjadi anak berprestasi. 

"Di Hari Anak Nasional ke-40 ini dengan berbangga hati saya hadir merayakan langsung bersama anak-anak berprestasi se-Indonesia," ucapnya. 

Amanda berpesan kepada semua pihak agar melindungi anak, salah satunya dari gempuran teknologi informasi dan media sosial (medsos) yang tidak sehat. 

Baca Juga: Melihat Sejarah Polri di Museum Akademi Kepolisian Semarang yang Asri

Puncak Hari Anak Nasional ke-40 diperingati sangat meriah dihadiri 6.000 anak dan para undangan. 

Dengan mengusung tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju",  peringatan ini menjadi momen penting untuk mengingatkan semua akan tanggung jawab dalam melindungi, mendidik, dan membahagiakan anak. 

Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIT, diisi dengan demo permainan tradisional, parade baris-berbaris, marching band anak, dan tes hitung cepat. 

Baca Juga: Catar Akpol 2024 Balqis Angelita, Perenang Terbaik Danseskoad Cup 2023

Sebanyak 2.600 pelajar Papua juga menampilkan tarian "Tari Tanah Kitorang", yang kemudian dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai penampilan tari terbanyak oleh pelajar.

Presiden Jokowi bahkan turut berbaur menari mengikuti gerakan anak-anak. 

Dalam momen tersebut, Jokowi dan Iriana mengenakan topi rumbai khas Papua berikut tas anyaman yang diselempangkan di bahunya.

Sebelumnya, Jokowi sempat memberikan kuis berhadiah mainan bagi anak-anak yang bisa menghafal Pancasila. 

"Coba maju yang hafal Pancasila, yang bisa jawab saya kasih hadiah mainan," ucap Jokowi. 

Anak-anak kemudian mengacungkan tangannya dan Jokowi memilih tiga anak untuk ke depan. Salah satu yang memenangkan hadiah mainan adalah Sisilia asal Papua. 

Walaupun sempat kurang lancar saat melafalkan sila ketiga dan diulang berkali-kali, anak perempuan itu akhirnya melantangkan Pancasila dengan lancar. 

"Anak-anakku semuanya, kalau pas di situ mudah, tapi kalau sudah di dekat Pak Jokowi begini grogi. Tidak boleh ditertawakan, ini pasti bisa Sisilia," kata Jokowi.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

-Inilah Rangkaian Acara Hari Jadi ke-214 Kota Bandung hingga Bulan Oktober 2024

-Pengurus FK KIM Kota Bandung Masa Bakti 2024-2027 Dilantik, Ini Pesan Diskominfo!

-Perjalanan Karir DHARMAWAN, Pj Sekda Kota Bandung yang Baru

-Pemakaman di Kota Bandung Tak Perlu Datang ke TPU! Cukup Daftar via Aplikasi SIMPELMAN

-'Bandung Great Sale' Diskon hingga 80 Persen dan Pawai Kendaraan Hias Bakal Hadir di Kota Bandung

Berita Terkait