Enam BUMN Kembali Eksekusi Kerja Sama Strategis



Jakarta, Beritainspiratif.com – Enam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tergabung dalam klaster National Defence and High-technology Industry (NDHI) kembali mengeksekusi kerja sama strategis.

Kali ini, klaster Kementerian BUMN yang terdiri dari PT Len Industri (Persero), PT Pindad (Persero), PT Dirgantara Indonesia/DI (Persero), PT DAHANA (Persero), PT Industri Telekomunikasi Indonesia/INTI (Persero) dan PT Industri Nuklir Indonesia/Inuki (Persero) itu menandatangani kesepakatan (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK).

Kedua belah pihak bersepakat untuk melakukan Sinergi Pengembangan dan Pemberdayaan Hasil-hasil Teknologi Indonesia dalam Wahana Inovasi Indonesia, yang digelar Jumat (20/04).

“Enam BUMN ini memiliki keunggulan teknologinya masing-masing. Dan, kerja sama ini merupakan bentuk dukungan kami dalam peningkatan teknologi di Indonesia. Sebuah bentuk BUMN Hadir untuk Negeri,” ungkap Sekretaris Perusahaan PT Len Industri, Syaifuddin selaku Koordinator NDHI dalam perhelatan pameran bersama Indonesia Science Day (ISD), di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Pada momen yang bersamaan, tengah berlangsung pameran Indonesia Science Day yang diikuti oleh klaster NDHI, perayaan hari jadi Taman Mini Indonesia Indah, peresmian wahana inovasi baru di area PP-IPTEK, serta kegiatan seputar hal keilmuan lainnya.

MoU ini ditandatangani oleh Direktur PP-IPTEK Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Syachrial Annas, dengan enam Direktur Utama BUMN klaster NDHI. Yaitu, Direktur Utama PT Len Industri (Persero) Zakky Gamal Yasin, Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (Persero) Elfien Goentoro, Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose, Direktur Utama PT DAHANA (Persero) Budi Antono, Direktur Utama PT INTI (Persero) Darman Mappangara dan Direktur Utama Inuki (Persero) Bambang Herutomo.

Nota kesepahaman ini merupakan langkah awal peningkatan sinergi kedua pihak melalui pengisian produk-produk teknologi Indonesia dalam bentuk display, mock-up, maupun produk ukuran sebenarnya di Wahana Inovasi Indonesia. “Harapannya, NDHI dapat mendukung PP-IPTEK dalam peranannya sebagai ‘Communication Hub’ untuk mempromosikan dan membudayakan Iptek kepada masyarakat,” tutur Syaifuddin. (Dudy)

 

Berita Terkait