Usai Temu Kangen, Alumni 1981 SMEAN 1 Indramayu Kunjungi Wisata Mangrove Karangsong



Indramayu, Beritainspiratif.com-Temu kangen alumni SMEAN 1 Indramayu 1981 yang berasal dari berbagai kota dan berlangsung bersamaan dengan hari kartini Sabtu, (21/4/2018) ini tidak disia-siakan.

Indramayu kota mangga kini jadi perbincangan orang karena salah satu obyek wisatanya mangrove karangsong menjadi primadona wisata dari luar Indramayu.

Bila anda telah sampai di Alun-alun Indramayu, anda tinggal belok ke kiri mengikuti Jalan Siliwangi nanti akan ketemu dengan gapura besar Karangsong kurang lebih 3 kilometer untuk sampai ke lokasi.

Sesampai di Hutan Mangrove Karangsong Anda sejenak bisa melihat keindahan pemandangan laut Jawa yang luas dan langsung merasakan deburan ombak dan pasir pantai.

Sekarang banyak saung kecil yang terbuat dari bambu berderet sepanjang pantai Karangsong.

Tempat ini bisa disewa untuk tempat kumpul bersama keluarga atau teman-teman.

Setelah puas menikmati pemandangan Pantai Karangsong, anda siap-siap menuju tempat penjualan tiket perahu di dekat sungai menuju hutan mangrove dengan perahu kecil berpenumpang maksimal 20 orang.
Sebelum naik perahu disarankan untuk membawa perbekalan minuman karena di dalam hutan tidak ada penjual minuman tetapi ingat sampahnya dibuang ke tempat sampah.

Pengunjung akan merasakan sendiri menyusuri sungai ke lokasi hutan Mangrove Karangsong.

Anda yang baru naik perahu dan melewati hutan ini tentu akan merasa seperti para penduduk yang sedang menaiki perahu di daerah Sumatera dan Kalimantan.

Untuk keamanan sebenarnya pengelola sudah menyediakan pelampung tapi jarang digunakan karena memang lokasinya tidak terlalu jauh.

Setelah sampai di pemberhentian perahu, anda akan melihat menara pandang yang tinggi untuk menikmati keindahan sekitar pohon mangrove dari atas, anda juga akan melihat burung-burung beterbangan ke sana kemari di atas hutan tersebut.

Tempat ini tentu banyak digunakan oleh pengunjung untuk kumpul bersama, makan bareng dan istirahat.

Hutan mangrove sendiri mempunyai banyak manfaat bagi manusia, seperti mencegah intrusi air laut (perembesan air laut ke tanah daratan), mencegah erosi dan abrasi pantai, pencegah dan penyaring alami, tempat hidup dan sumber makanan berbagai jenis satwa, dan membantu pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir.

Hutan Mangrove Karangsong Indramayu memiliki keunikan tersendiri antara lain di laut terlihat kapal tanker sedang bersandar menunggu giliran pengisian BBM Pertamina.

Hutan Mangrove Karangsong juga bisa digunakan untuk foto prewedding,
selain itu tempat ini juga lokasi tumbuh dan berkembangnya berbagai spesies burung dan satwa liar.

Di Hutan Mangrove Karangsong kini menjadi tempat singgahnya burung-burung dari berbagai wilayah tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari berbagai negara pada waktu-waktu tertentu dan anda bisa melihat burung-burung tersebut dari menara pandang.

Menikmati Proses Pembuatan kapal dan pelelangan ikan, jika anda datang dari arah Jalan Siliiwangi Indramayu ke Hutan Mangrove Karangsong anda bisa menikmati tempat pembuatan kapal di sepanjang pinggir jalan menuju Hutan Mangrove Karangsong.

Selama ini tempat pembuatan kapal yang sering dikunjungi oleh wisatawan ada pembuatan kapal pinisi di Sulawesi, selain itu, sebelum menuju pantai dan hutan Mangrove Karangsong anda akan menikmati suasana masyarakat yang sedang melakukan jual-beli ikan di tempat pelelangan ikan.

Lebatnya hutan Mangrove Karangsong Indramayu membuat betah orang yang berkunjung, senjapun datang kami pun rombongan alumni SMEAN Indramayu 1981 harus kembali, karena esok haripun harus kembali dengan aktivitas di kota masing-masing.

(Yanis)

Berita Terkait