Selain Mengenyangkan Inilah Manfaat Dibalik Gurihnya Nasi Goreng Bagi Kesehatan



Bandung, Beritainspiratif.com - Nasi goreng merupakan salah satu makanan yang memiliki citarasa enak, dalam pembuatanya pun simpel dan praktis terutama untuk sarapan pagi.

Makanan ini merupakan khas indonesia yang di gemari oleh semua kalangan. Nasi goreng dapat dinikmati dipinggir jalan hingga di menu restauran ataupun prasmanan di indonesia.

Simpel dan praktis, diaduk dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada, tambahan kecap dan bumbu-bumbu rempah lainya nasi goreng menjadi hidangan nikmat.

Bahkan untuk menambah cita rasa dan nilai gizi dapat ditambahkan ikan asin, telur ayam dan sayuran lainya. Selain itu, makanan ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari situs khasiat.co.id berikut manfaat nasi goreng lainnya bagi kesehatan selain mengenyangkan perut.

1. Mengobati disentri

Khasiat nasi goreng yang pertama bisa membantu anda di dalam mengobati disentri. Hal ini di sebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini telah dipercaya bahwa memiliki peranan yang dapat membantu untuk mengobati disentri.

2. Baik untuk tulang

Selain dapat

mengobati disentri nasi goreng juga memiliki berbagai manfaat lain salah satunya, baik untuk tulang anda. Makanan ini merupakan salah satu vitamin untuk tulang yang bisa membantu pertumbuhan tulang terbentuk secara sempurna. Selain itu, makanan ini memiliki kandungan kalsium yang sangat penting untuk membentuk tulang agar menjadi kuat dan mencegah terjadinya osteoporosis di usia lanjut.

3. Mendukung pertumbuhan manusia dari bayi sampai tua

Nasi goreng bisa juga menjadi sumber utama untuk mendukung pertumbuhan manusia. Mulai dari bayi hingga sampai tua yang di dukung oleh makanan ini, senyawa mineral serta zat yang ada di dalam makanan ini, merupakan salah satu sumber terbaik untuk membantu pertumbuhan manusia.

4. Sumber energi

Nasi goreng juga bisa menjadi seumber energi yang sangat penting bagi tubuh anda. Tidak heran banyak pendududk masyarakat indonesia yang mengonsumsi makanan ini, senyawa kalori serta karbohidrat yang terdapat pada makanan ini merupakan salah satu sumber tenaga yang tidak tergantikan. Makanan ini merupakan sumber energi yang cukup besar untuk tubuh.

5. Kekebalan tubuh

Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik tentu penyakit tidak mudah mendekat dang menyerang kesehatan tubuh. Nasi goreng memiliki kandungan selenium yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Perlu anda ketahui banyaknya beragam jenis penyakit, sebaiknya diantisipasi dengan mengonsumsi beragam makanan sehat seperti makanan ini dan rajin berolah raga.

6. Pembentukan otot

Kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa protein yang cukup tinggi. Sehingga bisa membantu anda di dalam menyehatkan dan membantu perkembangan otot. Jadi, tidak heran hingga kini makanan ini banyak di gemari para binaragawan, dengan kandungan proteinya yang tinggi dapat di gunakan untuk membentuk otot tubuh agar lebih baik.

7. Baik untuk jantung

Nasi goreng memiliki kandungan sulfida methylallyl serta asam amino sulfur yang dapat membantu anda di dalam penurunan pada kadar kolesterol jahat di dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik. Selain itu, makanan ini memiliki khasiat untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

8. Sebagai antioksidan

yang sangat ampuh

Kandungan yang ada di dalam nasi goreng ini memiliki sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya di butuhkan oleh tubuh. Kemudian, makanan ini juga di kenal sebagai anti bakteri serta virus, senyawa yang terdapat pada makanan ini bisa membantu anda untuk mencegah perkembangan cacing di dalam tubuh serta bakteri.

9. Menurunkan resiko kanker

Nasi goreng ternyata dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi kesehatan, salah satunya mengobati penyakit kanker. Hal ini terjadi karena kandungan yang ada di dalam makanan ini telah di percaya bahwa memiliki peranan untuk menurunkan resiko penyakit kanker.

10. Menjaga kesehatan kulit

Senyawa yang ada di dalam nasi goreng dapat membantu anda di dalam proses penyembuhan gangguan vitiligo, merupakan salah satu penyakit kulit yang menyebabkan kulit kehilangan pigmentasi normal.

(Kaka)

Foto ilustrasi: lifestyle.okezone.com

Berita Terkait