Grand Launching DigitalPreneurship At-Taqwa kerjasama KPw BI Cirebon dengan At-Taqwa Centre



Cirebon, Beritainspiratif.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon kembali melaksanakan kerjasama dengan At-Taqwa Centre untuk melanjutkan program Pesantren Digital Preneurship At-Taqwa yang telah dimulai sejak tahun 2017. Program pesantren DigitalPreneurship At-Taqwa kali ini merupakan Pesantren DigitalPreneurship Angkatan II.

Sebagaimana kita ketahui, kegiatan ini berasal dari pemikiran bahwa di masa sekarang pesantren sebagai lembaga pendidikan non formal yang telah berakar di masyarakat Indonesia termasuk di wilayah Cirebon, dituntut untuk terus memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitarnya.

Pesantren yang pada awalnya hanya mendidik santri untuk memiliki skill keagamaan dituntut pula untuk dapat menjawab tantangan yang lebih banyak dan lebih realistis. Untuk itulah akhirnya timbul pemikiran bersama antara KPw BI Cirebon dan At-Taqwa Centre untuk membentuk suatu program yang mampu melahirkan santri-santri yang memiliki bukan hanya skill keagamaan yang teruji namun juga skill di dunia entrepreneur.

Sebagai informasi, lulusan Santri DigitalPreneurship At-Taqwa Angkatan I telah menghasilkan santri-santri terbaik yang juga merupakan entrepreuneur yang menggeluti bidang digital marketing, membantu memasarkan produk UMKM secara online, dengan pencapaian omzet penjulan + 350 Juta dalam kurun waktu 3 bulan masa praktek.

Saat ini para lulusan tersebut telah kembali ke kampung halamannya melanjutkan kegiatan usaha tersebut dan beberapa ada yang tetap mengabdi untuk membantu kegiatan DigitalPreneurship At-Taqwa angkatan II.

Dengan pertimbangan besarnya animo masyarakat terutama remaja putus sekolah terhadap program tersebut, serta dengan melihat besarnya peluang untuk menciptakan entepreuneur muda di bidang digital, maka KPw BI Cirebon berkomitmen untuk melanjutkan kembali program tersebut melalui seleksi dari 90 orang pendaftar secara online dan berhasil memperoleh santri DigitalPreneurship angkatan II sebanyak 30 calon santri.

Pesantren DigitalPreneurship At-Taqwa berbasis Masjid menyajikan kurikulum pesantren dipadukan dengan pelatihan manajemen dan wirausaha.

Harapannya alumni memiliki kepribadian Islam yang kuat dan skill yang mumpuni. Intinya, harapan dari pelaksanaan program ini adalah :

1. Menyiapkan calon da’i , yang berjiwa wirausaha. 2. Meningkatkan kapasitas calon seorang da’i, dan kemandirian secara finansial.

3. Membuat network antara santri dan alumni pesantren dengan para pengusaha lain yang memiliki komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

Program ini menjadi salah satu bukti kepedulian Bank Indonesia terhadap generasi penerus di bidang pendidikan dan ekonomi. Pengembangan era digitalisasi saat ini menjadi dasar KPw BI Cirebon untuk mendukung terbentuknya generasi penerus yang siap terjun di dunia digitalisasi dengan ilmu yang cukup sekaligus iman yang kuat. (Yoc)

Berita Terkait