Bio Farma Mulai Distribusikan Vaksin AstraZeneca dari COVAX



Bandung, Beritainspiratif.com - PT. Bio Farma mulai mendistribusikan Vaksin Astrazeneca ke beberapa provinsi di Indonesia. Vaksin tersebut tiba di Indonesia 8 Maret 2021 dan mulai didistribusikan sejak Sabtu (20/3/2021) yang lalu.

Vaksin ini merupakan hasil kerjasama multilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Covax/GAVI.

"Sudah mulai didistribusikan ke beberapa provinsi di Indonesia sejak 20 Maret lalu," kata Head of Corporate Communication Bio Farma Iwan Setiawan, dalam siaran persnya Senin (22/3/2021).

Baca Juga: Emil Lakukan Kunjungan Keenam sebagai Relawan Uji Klinis Vaksin COVID-19

Iwan mengatakan, target dan rencana pendistribusian vaksin AstraZeneca dalam kemasan multidose, sepenuhnya adalah wewenang dari Kemenkes RI.

Sedangkan Bio Farma bertugas melakukan pendistribusian sesuai arahan dari Kementrian Kesehatan. Dalam hal ini termasuk provinsi tujuan, jumlah vial yang didistribusikan, serta kapan waktu pengirimannya.

“Bio Farma mengikuti instruksi dari Kementerian Kesehatan RI untuk pengiriman vaksin AstraZeneca, " ujarnya.

Ia menambahkan, tahap pertama vaksin AstraZeneca didistribusikan untuk provinsi Jawa Timur sebanyak 45.000 ribu vial, kemudian Bali dan NTT masing - masing sebanyak 5.000 ribu vial.

Sedangkan hari ini (22/3/2021) pengiriman kembali dilakukan dengan tujuan Prov DKI Jakarta, Kepulauan Riau dan Sulawesi Utara masing - masing 5.000 vial.

"Total vaksin AstraZeneca yang telah didistribusikan dalam dua hari ini, sebanyak 65.000 vial," ujarnya.

(Ida)

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait