Kota Bandung Targetkan ODF 100 Persen Tahun Ini, Oded: Tinggal 58 Kelurahan Lagi

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat di RW 05 Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Selasa (24/8/2021) Foto: Prokopim Kota Bandung


Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menargetkan 100 persen Open Defecation Free (ODF) pada tahun 2021. Hingga saat ini, peningkatan ODF telah mencapai 61 persen.

“ODF di Kota Bandung mencapai 61 persen, dari 93 kelurahan, tinggal 58 kelurahan lagi. Kita gaspol untuk mengejar 100 persen,” tutur Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat menerima bantuan Bio Tank di RW 05 Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Selasa (24 Agustus 2021).

Menurutnya, untuk mempercepat ODF 100 persen, perlunya lingkungan yang bersih dengan menyediakan pembuangan yang khusus, tidak langsung ke sungai. Membantu pencapaian ODF, Pemkot Bandung membutuhkan dukungan dari para donatur.

Seperti yang diberikan oleh Universitas Islam Bandung (Unisba), PT. Mitratel dan PT. Finindo Foods di wilayah Tamansari. Unisba, PT. Mitratel dan PT. Finindo Foods memberikan 2 bio tank berkapasitas masing-masing 5 kubik yang bisa digunakan untuk 25-30 Kepala Keluarga (KK).

“Terima kasih kepada para donatur yang tengah membantu wilayah di Kota Bandung untuk ODF ini. Di Bawet (Bandung Wetan) saja totalnya baru 5 bio tank, diperlukan 25 bio tank. Kita kolabirasi, bantu Kota Bandung 10 bio tank lagi," katanya.

Baca Juga: Kelola Sampah Hingga 70 Persen, RW 08 Sarijadi Dikunjungi Walikota Bandung

Sementara itu, Camat Bandung Wetan, Sony Bakhtyar mengatakan, bantuan di Kelurahan Tamansari berupa 2 bio tank dengan volume 5 kubik mampu dimanfaatkan 25-30 Kepala Keluarga.

“Kecamatan Bandung Wetan ada 3 kelurahan, yaitu Kelurahan Citarum, Cihapit, dan Tamansari. Di wilayah Tamansari baru 11,8 persen, dengan adanya sumbangan ini kita bisa manfaatkan untuk 25-30 KK tiap tank-nya,” jelas Sony.

Ia mengungkapkan, jika terdapat 25 bio tank mampu dimanfaatkan oleh 500 jiwa atau mampu menambah ODF sampai 5 persen.

“Mudah-mudahan di Bawet ini mampu meningkatkan ODF di Kota Bandung dengan target yang sesuai,” akunya.

Sedangkan Ketua Forum Bandung Sehat (FBS) Kota Bandung, Siti Muntamah berterima kasih atas bantuan tersebut. Ini merupakan sebuah kolaborasi untuk mencapai ODF 100 persen di Kota Bandung yang ditargetkan 2021.

“Terima kasih. Setiap wilayah punya inovasi untuk menghadirkan solusi ODF. Koordinasi penaheliks ini membanggakan. Ini sebagai perjuang dalam rangka menjadikan kota nyaman aman berlingkungan bersih dan sehat,” tuturnya.

Di kesempatan itu, Ketua Harian Satgas Citarum Harum Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim berharap ODF di Kota Bandung mencapai 100 persen.

“Harapannya ada itikad baik untuk menciptakan ODF 100 pesen. Ke depan penanganan lebih masif, berkiprah semaksimal mungkin,” tuturnya.

Kepala Kantor PT Mitratel Adi Seno berharap bantuan itu mampu dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya dalam penaganan lingkungan.

“Mudah-mudahan target untuk ODF tercapai, sehingga sungai yang melintas di Kota Bandung ini bersih,” jelasnya.

RV/-

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait

  • Pemilu & Pilres
  • 05 Feb 2023
Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024