BI - UGM Optimalkan Pemanfaatan PLTS untuk UMKM dan Pertanian

Foto: dok.UGM


BERITAINSPIRATIF.COM - Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., bersama Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, dan Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Arif Hartawan, meluncurkan program Serikat Surya Handayani (SSH) dalam rangka penguatan bisnis energi ramah lingkungan berbasis masyarakat di Graha BMT Ummat, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Minggu (6/2/2022).

Program pembentukan SSH merupakan hasil inisiasi Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan (Pustek) UGM dengan Bank Indonesia dalam pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Warga yang tergabung dalam SSH ini nantinya akan mengelola PLTS dengan kekuatan 12 ribu watt peak dengan melibatkan kemitraan BMT Ummat, pelaku usaha UMKM, dua sekolah SMK dan mitra industri di bidang teknologi energi terbarukan. 

“PLTS ini nantinya dimanfaatkan untuk mendukung usaha olahan produk biofarmaka dan usaha batik gunungkidul,” ungkap Rektor dilaman resmi UGM.

Baca Juga: Persib Pasang Fadri Sidiq Sebagai Kiper Cadangan Teja Paku Alam, Siapa Dia?

Selain itu, PLTS yang merupakan hibah dari BI ini juga digunakan untuk para petani tegan  dan menggunakan pompa surya berjalan atau mobile solar water pumping system yang akan dimanfaatkan untuk mengangkat air di saat musim kemarau.

“Pompa surya ini akan banyak berfungsi di bila sudah musim kemarau, nantinya bisa disewa dengan biaya terjangkau,” ujarnya.

Kegunaan PLTS yang dikelola oleh anggota SSH ini menurut Rektor juga akan digunakan untuk  mengairi sawah dan memasok kebutuhan air di tempat ibadah. Bekerja sama dengan BMT Ummat, PLTS yang dikembangkan oleh UGM ini juga digunakan untuk bisnis air minum yang dikelola oleh anggota SSH. Hasil dari bisnis ini digunakan untuk perbaikan dan perawatan rutin komponen panel surya yang diperkirakan bisa digunakan hingga lebih dari 20 tahun.

Baca Juga: Terbaru! Daftar PPKM Level 1-3 Jawa dan Bali hingga 14 Februari 2022

Arif Hartawan menuturkan peluncuran serikat surya handayani diharapkan bisa menginspirasi daerah yang lain dalam pemanfaatan energi baru dan terbarukan untuk mendorong kegiatan ekonomi yang berbasis masyarakat desa.

“Kita harap kegiatan ini menjadi simpul, bisa tersambung dan terintegrasi dengan baik dengan daerah lainnya sehingga bisa menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi baru,” ujarnya.

Menurut Arif, kolaborasi antara Bank Indonesia dan UGM melalui progran tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) BI dalam mendorong pengembangan energi baru dan terbarukan di Indonesia yang selaras dengan pengembangan ekonomi hijau yang dicanangkan oleh Bank Indonesia untuk mengurangi ketergantungan Indonesia pada bahan bakar energi fosil.

“Ekonomi hijau menjadi perhatian pada pertemuan pemimpin G20. Kita memiliki peluang cukup besar karena memiliki sumber energi dari angin, panas bumi dan panas matahari,” jelasnya.

Sementara Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, berharap pengembangan energi baru dan terbarukan bisa dioptimalkan penggunaannya pada lahan kering pertanian yang sebagian besar melingkupi wilayah Gunungkidul.

“Di Gunungkidul sekitar 70-80 persen penduduk bekerja di sektor pertanian sehingga EBT bisa optimalisasi untuk lahan kering dan EBT bisa jadi solusi kebutuhan akan pengangkatan air sangat luar biasa,” paparnya.

(Yanis)

Baca Juga:

BURUAN ! Dijual Murah, 1 Unit Apartemen Dekat Kampus UGM Yogyakarta

Provinsi Jabar Akan Miliki 17 Kabupaten Kota Baru, Inilah Daftarnya

Rizky Mahasiswa Psikologi Unpad Pertama Lulus Tanpa Skripsi

Dimekarkan Jadi 15 Provinsi, Inilah 9 Provinsi Baru di Pulau Jawa

Terbaru! Daftar PPKM Level 1-3 Jawa dan Bali hingga 14 Februari 2022

Kota Bandung PPKM Level 3, Yana: Bubarkan Kerumunan dan Perketat Prokes

Berita Terkait