Diresmikan Kapolri, Solo Smart City Jadi Role Model Untuk Kota Lain

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meresmikan program Solo Smart City di Mapolresta Surakarta, Jumat (18/2/2022).


Solo, Beritainspiratif.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan program Solo Smart City di Mapolresta Surakarta. Konsep tersebut sejalan dengan semangat konsep Presisi terkait transformasi pelayanan publik.

Kapolri mengatakan, program tersebut terintergrasi layanan baik milik Polres maupun pemerintah kota Surakarta. Hal itu mencakup pengawasan CCTV lalu lintas dan pelayanan masyarakat lewat aplikasi “Eling Solo“.

“Konsep solo smart city ini memadukan kepolisian dan stakeholder pemerintahan kota solo untuk kemudian kita kolaborasikan,” ujar Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jumat (18/2/2022).

“Sehingga bisa memberikan pelayanan dengan memanfaatkan dan memadukan teknologi informasi yang ada. Kemudian memberikan pelayanan yang bersifat emergency command center,” sambungnya.

Baca Juga: Gandeng Shopee, The Greater Hub SBM ITB Buka Batch Ke-7 Coaching Clinic UMKM Jabar

Kapolri menjelaskan, hadirnya program tersebut juga sebagai pengawasan dari dua instansi terkait. Sehingga jika ada gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dapat segera ditangani.

“Dengan mengintegrasikan ini, tentunya masing-masing bisa saling mengisi dan turun ke lapangan sesuai dengan kebutuhan atau situasi yang ada,” katanya.

Baca Juga: Jalan Layang Pasupati Bandung Diberi Nama Jalan Prof. Mochtar Kusumaatmadja

Dia berharap, program tersebut akan terus dikembangkan oleh Polri kedepannya, sehingga dapat menjadi contoh bagi kota dan kabupaten lain di Indonesia.

“Harapan kita terus ditingkatkan agar kita dapat mengevaluasi dengan konsep Smart City yang lain. Kita harapkan Solo Smart City bisa menjadi role model yang kita replikasi untuk dikembangkan di kota dan kabupaten,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolri didampingi oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi hingga anggota komisi tiga DPR-RI Eva Yuliana.

(Yanis)

Baca Juga:  

BURUAN ! Dijual Murah, 1 Unit Apartemen Dekat Kampus UGM Yogyakarta  

Inilah 8 Calon Provinsi Baru di Sumatera, Total 18 Provinsi

Pulau Sulawesi Akan Miliki 5 Provinsi Baru, Inilah Namanya

Perpanjangan SIM Secara Online, Begini Cara dan Besaran Biayanya

Exit Tol KM 149 Gedebage Temui Titik Terang, Target Tahun Ini Beroperasi

Inilah 5 Calon Provinsi Baru di Papua dan Kepulauan Maluku

Berita Terkait