PT. KAI Uji Coba Perjalanan Gratis Kereta Api Rute Garut - Cibatu

Foto: Dok. PT KAI


Kab. Garut, Beritainspiratif.com - Menjelang kembali beroperasinya jalur reaktivasi Kereta Api (KA) di Garut, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) terus melakukan serangkaian uji coba guna memastikan keamanan dan keselamatan jalur kereta yang sudah hampir 40 tahun non aktif ini. 

Setelah melakukan uji coba dengan melaksanakan trip Garut - Pasar Senen pada hari Minggu (20/02/2022). Mulai Kamis besok (24/2/2022) PT. KAI akan kembali melakukan uji coba, dengan trip yang berbeda yakni rute KA Garut-Cibatu yang bisa dinikmati oleh masyarakat secara gratis.

Dalam siaran persnya, Manajer Humas PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung, Kuswardoyo, mengatakan,  untuk uji coba Kereta Api (KA) lintas Garut-Cibatu ini nantinya akan ada dua trip di Stasiun Garut, yakni pukul 09.00 WIB dan pukul 11.35 WIB.

Baca Juga: BNN Kota Bandung Gelar Advokasi Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba di Kel. Babakan Surabaya

Kuswardoyo, Rabu (23/2/2022), menyampaikan, bahwa uji coba gratis ini merupakan inisiasi dan permintaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut dan kemudian diakomodir oleh pihak PT. KAI setelah dilakukan perhitungan atas beberapa hal teknis yang ada, sehingga akhirnya diputuskan KAI akan mengoperasikan perjalanan KA uji coba pada hari Kamis (24/2/2022) besok.

"Kebijakan uji coba bagi warga masyarakat melalui undangan terbatas ini kami ambil terkait dengan adanya pembatasan penumpang pada masa pandemi dan menghindari terjadinya penyebaran COVID-19," ujarnya.

Perjalanan kembali KA di lintas Cibatu -Garut yang pernah beroperasi dari tahun 1889-1983, menjadi moment yang sangat dinanti oleh warga Garut khususnya.

Kuswardoyo menyebutkan, perjalanan uji coba gratis ini akan menggunakan  rangkaian yang terdiri dari 7 K3 dan 1KMP3 yang nantinya akan digunakan untuk melayani perjalanan dari Garut ke PasarSenen PP.

"Perjalanan KA dari Garut-Cibatu (Pulang Pergi) ini  adalah perjalanan uji coba bukan launching pengoperasian KA, dimana pada Minggu ini akan dilaksanakan pada hari  Kamis (24/2/2022). Perjalanan uji coba selanjutnya akan kami informasikan setelah ada evaluasi terkait perjalanan uji coba esok hari," kata Kuswardoyo.

Pada masa uji coba tersebut, lanjut Kuswardoyo, para penumpang tetap diharuskan menyertakan bukti vaksin minimal dosis pertama bagi penumpang yang berusia di atas 12 tahun. Namun, syarat vaksin tersebut tidak berlaku bagi anak-anak di bawah 12 tahun.

Ia mengatakan, untuk pengoperasian lintas Garut-Cibatu secara resmi, pihaknya sampai saat ini masih menunggu izin operasi yang masih terus berproses.

Kuswardoyo menyatakan KAI akan terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi semua stakeholder yang ada. 

"Pastikan informasi yang Anda terima hanya dari sumber resmi yang terpercaya," imbuhnya.

Ia mengajaka para pengguna jasa  KA menjadikan perjalanan kereta api menjadi perjalanan yang aman, nyaman dan sehat untuk semua.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121

Trip KA Uji Coba Rute Garut - Cibatu

1. No. KLB D2/11105

- Berangkat dari Stasiun Garut : 09.00 WIB

- Sampai di Stasiun Cibatu : 9.47 WIB

2. No. KLB D2/11152

- Berangkat dari Stasiun Cibatu : 10.15 WIB

- Sampai di Stasiun Garut : 11.02 WIB

3. No. KLB D2/11107 

- Berangkat dari Stasiun Garut : 11.30 WIB

- Sampai di Stasiun Cibatu : 12.17 WIB

4. No. KLB D2/11154 

- Berangkat dari Stasiun Cibatu : 12.45 WIB

- Sampai di Stasiun Garut : 13.32 WIB

(YI)

Berita Terkait