Pemkot Bandung Resmi Kelola Gedung Eks Matahari Banceuy

Plt. Wali Kota Bandung saat menyaksikan perjanjian kerjasama eks gedung Matahari Banceuy, Kamis (31/3/2022) / Humas Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Setelah dua tahun lebih, akhirnya proses kerja sama bekas atau eks gedung Matahari Banceuy mencapai titik terang. Kamis, 31 Maret 2022 Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung resmi mengelola aset tanah dan bangunan tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyampaikan, dalam waktu yang cukup lama ini, banyak langkah yang diambil demi menjalankan asas kehati-hatian.

"Dua tahun lebih ya kita menanti momen ini. Mudah-mudahan berjalan dengan baik sesuai aturan dan bisa memberikan manfaat serta berkah bagi kita semua," ujar Yana saat ditemui di Balai Kota Bandung.

Yana menambahkan, rencananya gedung eks Matahari ini akan difungsikan sebagai mal mewah di Kota Bandung.

"Akan menjadi pusat komersial. Kita fungsikan sebagai mal, ada hotel juga di dalamnya. Rencananya awal tahun 2023 akan mulai dioperasikan," jelasnya.

Baca Juga: Mulai 1 April 2022 Pertamina Resmi Naikkan Harga Pertamax

Gedung eks Matahari ini akan dikelola bersama PT 8property Indonesia selaku mitra Pemkot Bandung.

Serupa dengan Yana, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menuturkan, proses dan rangkaian panjang rencana pengelolaan gedung ini sudah dilalui sesuai ketentuan yang berlaku.

"September 2019, gedung yang dikenal dengan Matahari Banceuy, kami sebut akhirnya kembali ke pangkuan pertiwi. Sesuai dengan ketentuan yang ada, kita sudah melahirkan Perda nomor 12 tahun 2018 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah," ungkap Ema.

Baca Juga: Atalia Lantik Bupati Indramayu sebagai Mabicab Kwartir Cabang Pramuka

Sebelumnya, lanjut Ema, Pemkot Bandung juga telah melakukan proses perhitungan kelayakan bangunan dan verifikasi ulang data-data administrasi terkait.

"Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung sudah melakukan verifikasi juga," tuturnya.

Sedangkan Direktur 8property, Joseph Patrick Siwemole mengatakan, meski waktu yang ditempuh untuk akhirnya bisa resmi mengelola bangunan ini bersama, pihaknya akan terus menyelesaikan kewajiban yang telah disepakati.

"Perjalanan ini tidaklah mudah, apalagi diikuti pandemi Covid-19 yang tidak habis-habis. Kita semua akan berusaha untuk mengembangkan gedung eks Matahari Banceuy bagi masyarakat," ucap Joseph. 

(RV) 

Berita Terkait