Gempa M 4,8 Guncang Sukabumi, Dirasakan Hingga Garut dan Pangandaran

Foto: BMKG


Beritainspiratif.com - Telah terjadi gempa tektonik berkekuatan magnitudo 4,8 mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa (26/4/2022) pukul 00.01 WIB dini hari.

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M 4,8," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto dalam keterangan resminya, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga: Bandara Husein Sastranegara Buka Penerbangan Internasional, Ini Rutenya

Hartanto mengatakan episenter gempa terletak pada koordinat 7.48 LS dan 106.68 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 56 km tenggara Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 25 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar yang terjadi di dasar laut di bagian dari Lempeng Eurasia," ujarnya.

Baca Juga: Arus Mudik Tol Satu Arah: Pemudik dari Bandung ke Jakarta Tak Bisa Lewat Tol

Hartanto menjelaskan dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan atau shakemap BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Sukabumi, Cianjur Selatan dengan skala intensitas II - III MMI.

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," ucap Hartanto.

Selain di Sukabumi, gempa turut dirasakan masyarakat di Garut dan Pangandaran dengan skala intensitas II MMI. Di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Selain itu, hingga pukul 00.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan ada aktivitas gempa bumi susulan.

(Yanis)

Baca Juga:

TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

Berita Terkait