RW 02 Sukamiskin Jadi Tempat yang Nyaman, Camat Arcamanik: Bisa Sebagus Ini!

Camat Arcamanik Firman Nugraha yang didampingi Lurah Sukamiskin Farida Agustini, Ketua RW 02 Sukamiskin Deni Sukirman dan Bhabinkamtibmas/Babinsa usai menandatangani gerakan Kang Pisman RW 02 Sukamiskin, Minggu (15/5/2022) Foto: Bicom-YI


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Dalam rangka hari raya idulfitri 1 Syawal 1443 H, Warga RW 02 Banjirsari Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung menggelar acara halal bihalal akbar yang berlangsung di area Kang Pisman, Minggu ( 15/5/2022).

Acara halal bihalal yang pertama kali digelar di RW 02 Banjirsari sepanjang sejarah melibatkan semua unsur, dihadiri oleh Camat Arcamanik Firman Nugraha, Lurah Sukamiskin Farida Agustini, Ketua Umum Forum RW Kota Bandung Lily Maulana dan Wakil Irwan, Ketua RW 02 Banjirsari Deni Sukirman beserta pengurus, Ketua PKK Sukamiskin, Perwakilan LPM Sukamiskin, Bhabinkamtibmas, Babinsa, DKM Masjid Asyarief, KIM Sukamiskin, Karang Taruna Sukamiskin, Manajemen PT Panorama Alam Parahyangan, Ketum Padepokan Giri Pusaka, Komunitas Sepeda GBSL Kota Bandung, Sesepuh dan tokoh masyarakat RW 02, serta warga RW 02 Banjirsari.

Lihat Juga: Kawasan Waste to Food RW 02 Sukamiskin

Dipantau Beritainspiratif.com di lokasi acara, Ketua RW 02 Banjirsari Deni Sukirman dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tujuan penyelenggaraan acara ini adalah sebagai bentuk Tasyakur Binni’mah bisa dilaluinya pandemi Covid-19, dan diperolehnya penggunaan lahan Kang Pisman dan Buruan SAE dari PT PLN (Persero), serta berbagai kunjungan instansi termasuk Wali Kota/Wakil Wali Kota Bandung dan lainnya.

“RW 02 Banjirsari juga memperoleh penyerahan Fasum dan Fasos dari PT.  Panorama Alam Parahyangan yang sudah sekian lama tidak terselesaikan berupa lapang badminton di RT 01, sebagian lahan didekat masjid An Nur, dan tempat titik kumpul sampah, kemudian di RT 04 tempat berdirinya masjid ArRaudhoh,” ujar Ketua RW 02

“Selanjutnya RW 02 Banjirsari juga punya potensi atas berdirinya seni budaya pencak silat serta terdaftar sebagai ranting pada padepokan giri pusaka yang hari ini akan diterima SK kepengurusannya,” tambahnya.

Baca Juga: Halal Bihalal FRW Kota Bandung: Silaturahmi yang Paling Banyak Adalah RT RW

Dalam Halal Bihalal akbar ini acara yang diisi dengan berbagai penampilan warga RW 02 Banjirsari mulai tarian, pencak silat dan hiburan Band Legend juga diisi dengan gowes  Fun Bike Saba Kota bersama Komunitas GBSL (Gowes Babarengan Sauyunan Lalaunan) yang mengambil rute Pemkot Bandung PP tadi pagi.

“Pada kegiatan ini juga ada bazaar UMKM warga RW 02 Banjirsari, dengan tetap memperhatikan prokes. Kami juga sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi sebagai donatur dalam acara ini,” pungkasnya.

Baca Juga: Kartu Imunisasi Anak Beralih ke Aplikasi PeduliLindungi dan Bersertifikat

Sementara itu Lurah Sukamiskin Farida Agustini mengungkapkan terima kasihnya kepada jajaran manajemen PT Panorama dan semua pihak yang terus mendukung Sukamiskin dan RW 02 ini.

“Yang hadir disini adalah orang-orang yang senang dan rindu dengan kebahagiaan, tapi jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan,” ungkap Farida dengan ucapan selamat hari raya idulfitri mohon maaf lahir dan batin.

“Dan jangan lupa yang terpenting program pemerintah Kota Bandung Kang Pisman harus terus dijaga,” pungkasnya.

Baca Juga: LPM dan Forum RW Kota Bandung Dorong Perubahan Perda LKK

Dikesempatan yang sama Camat Arcamanik Firman Nugraha menyampaikan kegiatan halal bihalal ini sudah 2 tahun tidak dapat terselenggara karena Covid-19, akan tetapi kita harus tetap menjaga prokes dengan selalu menggunakan masker bila beraktivitas di tempat umum.

“Saya begitu senangnya dilingkungan RW 02 bisa sekompak gini, bisa sebagus ini dengan berbagai program, inovasi dan prestasi yang didukung oleh seluruh warga dengan komitmen sama-sama membangun RW 02 ini,” ungkapnya.

“Alhamdulillah RW 02 ini bisa mewujudkan sebagai tempat yang nyaman, sejuk, betah, bangga punya tempat seperti ini, yang semuanya ditentukan oleh warga bukan oleh Lurah maupun Camat,” ujarnya.

“Selamat atas keberhasilan semua ini. Karena selama ini Kecamatan sering kali diminta perwakilan oleh Pemkot Bandung untuk menampilkan kelompok Kang Pisman, Buruan SAE dan sebagainya untuk bisa ditampilkan oleh Pemkot Bandung. Selama ini RW 02 lah yang sering kita tampilkan, makanya dari kementerian dan pusat sudah sering dan berapa kali datang kesini hingga Wali Kota Almarhum Mang Oded, Wakil Yana Mulyana (saat itu,red) sering kesini. Bahkan dari pemerintah kota/kabupaten di luar provinsi datang kesini. Inilah bukti kebersamaan dan kekompakan warga,” ungkap Firman yang ditutup dengan ucapan minnal aidzin wal faizin mohon maaf lahir dan batin.

Pada acara silaturahmi dan halal bihal ini juga dilakukan  penyerahan fasus/fasum dari PT Panorama Alam Parahayangan yang diwakili Bapak Agus kepada Ketua RT/RW 02 Banjirsari yang disaksikan oleh Camat Arcamanik, Lurah Sukamiskin, Dilanjutkan penyerahan SK berdirinya perguron seni pencak silat Giri Pusaka, dan penandatanganan prasasti peresemian Gerakan Kang Pisman di RW 02  oleh Lurah Sukamiskin dan Camat Arcamanik.

“Mudah-mudahan dengan ditandatanganinya prasasti Gerakan Kang Pisman di RW 02 ini, diharapkan semuanya lebih konsisten terhadap Kang Pisman. Tidak ada lagi sampah yang disatukan antara organik dan anorganik, semuanya harus dipilah,” tegas Lurah Sukamiskin.

Gerakan Kang Pisman di Rw 02 ini juga ditandai dengan pelepasan balon serta penandatangan di papan yang sudah disiapkan sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Kang Pisman oleh Camat Arcamanik dan Lurah Sukamiskin serta seluruh warga RW  02 Banjirsari.

Turut serta melakukan penandatanganan ini Ketua Umum Forum RW Kota Bandung H. Lily Maulana dan acara ditutup dengan sajian hidangan makan siang.

(YI)

Baca Juga: 

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta