Persib Tak Terkalahkan di Grup C Melaju ke Perempat Final Piala Presiden 2022

David da Silva membobol gawang Bhayangkara FC. © PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah


Bandung, Beritainspiratif.com - PERSIB melaju ke perempat fianl Piala Presiden 2022 sebagai juara Grup C setelah meraih kemenangan 1-0 atas Bhayangkara FC di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Selasa, 21 Juni 2022. Gol satu-satunya di pertandingan ini dibuat penyerang asal Brasil, David Da Silva di menit 34 menuntaskan umpan Beckham Putra Nugraha. 

Pertandingan berlangsung dengan sengit. Kiper PERSIB, Fitrul Dwi Rustapa langsung melakukan penyelamatan atas percobaan dari penyerang Bhayangkara FC, Sani Rizki Gauzi di menit pertama. Lalu di menit 14, Fitrul kembali menghalau sepakan Sani.

Baca Juga: Profil Brigjen Juansih Polwan Bergelar Doktor Promosi Bintang Dua

Di pertengahan babak pertama, PERSIB balik menekan. Upaya pertama dilakukan David da Silva tapi sepakannya bisa diblok pemain belakang. Sedangkan tandukan Ezra Walian masih menyamping. 

Kebuntuan akhirnya pecah di menit 34. Sebuah serangan dilancarkan PERSIB melalui Beckham Putra Nugraha lalu menyodorkannya kepada David da Silva. David sa Silva sempat mengontrol bola sebelum membobol gawang Awan Setho.

Di menit-menit akhir babak pertama, PERSIB mendapat serangan bergelombang dari Bhayangkara FC. Tapi tenangnya permainan dari lini pertahanan mampu mengantisipasi serangan. Di babak pertama, Pangeran Biru pun unggul 1-0 atas The Guardian. 

Jelang babak kedua berjalan, PERSIB melakukan dua pergantian. Febri Hariyadi dan David Kevin Wato Rumakiek masuk menggantikan Erwin Ramdani dan Zalnando. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Kukuhkan 108 Konten Kreator Jadi Duta Pariwisata Jabar

Babak kedua berjalan, PERSIB langsung melancarkan serangan. Sebuah kesempatan lahir melalui tendangan bebas Febri, tapi sepakannya masih membentur pagar pemain Bhayangkara FC. 

Di menit 63, PERSIB kembali melakukan pergantian. Nick Kuipers dimasukkan menggantikan Dedi Kusnandar. Semenit berselang, Pangeran Biru mendapat ancaman dari Indra Kahfi tapi bola bisa dihalau oleh Fitrul.

Di menit 80, pelatih PERSIB Robert Alberts kembali memberikan menit bermain kepada pemain muda. Kali ini, Robi Darwis dimasukkan untuk menggantikan Abdul Aziz. Ini juga menjadi debut bagi Robi.

Di menit-menit akhir, Ridwan Ansori juga dimasukkan untuk menggantikan Frets Butuan. Pemain debutan kembali diturunkan oleh Robert. Lalu di menit 96, Fitrul melakukan save gemilang. Setelah tambahan enam menit untuk waktu normal, skor 1-0 untuk keunggulan PERSIB tak berubah. 

Dengan hasil ini, PERSIB pun keluar dari babak kualifikasi sebagai juara Grup C dan memastikan langkahnya di Piala Presiden 2022, berlanjut ke babak perempat final dengan nilai 7. Skuad Pangeran Biru mengumpulkan poin itu hasil dari dua kali menang dan sekali imbang.

Klasemen akhir Grup C Piala Presiden 2022

1. Persib 7
2. Bhayangkara FC 4
3. Bali United 3
4. Persebaya 1

(YI)

Baca Juga: 

Berita Terkait