Bandung Beberesih di Arcamanik: Lokasi Banjir Cisaranten Endah Akan Dipasang Pompa Air

Kika: Camat Arcamanik, Forum RW Arcamanik, Kadis KUMKM, LPM Arcamanik, Petugas kebersihan, Kapolsek Arcamanik, usai penyerahan simbolis alat kebersihan pada upacara Bandung Beberesih Jilid 4 tingkat Kecamatan Arcamanik, Sabtu, (17/9/2022) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Jelang Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) tanggal 25 September 2022, Arcamanik menggelar Bandung Beberesih Jilid 4 Tingkat Kecamatan yang dipusatkan di Kelurahan Cisaranten Endah Kecamatan Arcamanik Kota Bandung  berlangsung Sabtu, 17 September 2022 pagi.

Kegiatan Bandung Beberesih Jilid 4 ini secara serentak digelar ditiap Kecamatan di Kota Bandung, sedangkan untuk tingkat Kota Bandung dilaksanakan di Alun-Alun Kota Bandung dan sekitarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kota Bandung, Atet Dedi Handiman yang bertindak selaku pembina upacara.

Selain itu hadir Camat Arcamanik, Kapolsek, Danramil, Lurah Cisaranten Endah, Lurah Cisaranten Bina Harapan, Lurah Sukamiskin, Lurah Cisaranten Kulon masing-masing beserta jajaran ASN, Bhabinkamtibmas, Babinsa, LPM Kelurahan/Kecamatan, Forum RW Kecamatan, PKK, Linmas, Gober, Citarum Harum, KIM, Karang Taruna, Masyarakat sekitar dan hadirin lainnya.  

Baca Juga: Pemerintah Salurkan BSU Secara Nasional, Cek Nama Anda di Link Ini!

 

Tonton : Video Bandung Beberesih Jilid 4 di Arcamanik

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kota Bandung, Atet Dedi Handiman yang bertindak selaku pembina upacara menyampaikan bahwa Dinas KUKM diperbantukan juga untuk melakukan beberesih yang berlokasi di Kecamatan Arcamanik.

“Jumlah yang kekuatan yang ada di Arcamanik sebanyak 216 personil ditambah pegawai Dinas KUKM yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut, sehingga seluruhnya berjumlah sekitar 260 personil,” ujar Atet.

Kegiatan Bandung Beberesih Jilid 4 ini harus dijadikan momentum, jadi tidak hanya seremonial saja.

“Seperti disampaikan Camat Arcamanik bahwa kegiatan ini tidak hanya sampai disini, akan tetapi untuk ditindaklanjuti dan menjadi rutinitas kita hingga di kewilayahan,” ungkapnya.

Baca Juga:

-HJKB 212: Beberesih Bandung Jilid 4, Digelar Ditingkat Kota hingga RT-RW

-Pemkot Bandung Akan Salurkan BLT BBM untuk 69 Ribu KPM

-Admin Grup WA Bisa Hapus Pesan (Chat) yang Dikirim oleh Anggota

-Inilah 10 RW Terbaik di Kota Bandung Dalam Inovasi Pembayaran PBB

Usai upacara dilanjutkan dengan penyerahan simbolis alat kebersihan dari Kepala Dinas KUKM, Camat Arcamanik dan Kapolsek Arcamanik kepada Forum RW, LPM dan Gober Kecamatan Arcamanik.

Lebih lanjut personil yang sudah disiapkan dari 4 Kelurahan diterjunkan dan berangkat menuju lokasi yang sudah ditentukan di wilayah Kelurahan Cisaranten Endah.

Dari pantauan Beritainspiratif.com di lokasi beberesih tampak masyarakat pun turut membaur dengan petugas Gober, Linmas, LPM Arcamanik, ASN dan lainnya, yang juga menyuguhkan berbagai minuman untuk para petugas.

 

Baca Juga: Baznas Kota Bandung Salurkan Ratusan Kaca Mata hingga Ganti Oli Gratis

Tidak hanya itu, Lurah dari 4 Kelurahan di Kecamatan Arcamanik pun turun langsung di lokasi ikut serta melaksanakan Beberesih di Cisaranten Endah.

Ditemui di Lokasi beberesih tampak Lurah Cisaranten Bina Harapan juga turun langsung membantu menyapu jalanan yang kotor.

“Supaya nanti tidak banjir lagi,” ujar Lurah Cisbinhar.

Sementara itu Lurah Cisaranten Kulon ditemui dilokasi Beberesih mengungkapkan bahwa sampah sampah yang ada ini merupakan dampak dari banjir yang sering terjadi di wilayah ini.

“Insya Allah, nanti akan dipasang rumah pompa, dan minimal akan mengurangi banjir di wilayah ini,” jelasnya.

Tidak ketinggalan Lurah Sukamiskin yang didampingi Kasie Ekbang juga turun langsung di lokasi Beberesih mengungkapkan bahwa wilayah ini sering banjir.

“Dengan melakukan pengerukan di saluran ini minimal akan mengurangi dampak banjir dan akan terus berlanjut,” ujar Lurah Sukamiskin.

Selaku Lurah Cisaranten Endah yang wilayahnya dijadikan tuan rumah dan pusat Beberesih tingkat Kecamatan Arcamanik mengungkapkan bahwa pertimbangan ditetapkannya wilayah ini karena jalan Raya Cingised ini sering terjadi banjir.

“Lokasi Beberesih ini berada di wilayah RW 03, 04 dan 05 yang sering terjadi banjir dan sudah bertahun-tahun,” ungkapnya.

“Rencana akan ada penyedotan saluran air dan pemasangan pompa air, dan mudah-mudahan bisa tertangani banjir yang sering terjadi di Cingised ini,” tambahnya.

“Kita melibatkan seluruh unsur masyarakat,LPM, Karang Taruna, Gober, RW, Linmas, PKK ,” pungkasnya.

(YI)

Baca Juga: 

Berita Terkait