HJKB 212 Ditutup Meriah, Inilah Pemenang Lomba Kreativitas dan RW Inovatif

Wali Kota Bandung menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada pemenang lomba dalam HJKB ke-212 di Balai Kota, Sabtu (29/10/2022) / Humas Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Festival Bangkit Bersama menjadi penutup rangkaian peringatan Hari Jadi ke-212 Kota Bandung (HJKB). Kegiatan tersebut berlangsung meriah di Plaza Balai Kota Bandung, Sabtu 29 Oktober 2022.

Acara dimeriahkan oleh berbagai penampilan menarik baik Tradisional maupun Kontemporer dimulai dari Angklung Jei, Band Plat Merah, Two Triple O serta lainnya serta digelar pula bazar murah dari berbagai stand makanan, fesyen, kerajinan, teknologi, agro bisnis dan puluhan stand lainnya.

Dalam acara ini hadir juga Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Bandung, Pimpinan Bank BJB dan Forum RW Kota Bandung. 

Baca Juga: 5 Kecamatan di Kota Bandung Raih Anugerah Kecamatan Layak Pemuda

Baca Juga: Ketua RW Ini Berinovasi Ciptakan Aplikasi e-Ronda, Bisa Diunduh di Play Store

Wali Kota Bandung Yana mengatakan, Festival Bangkit bersama menjadi simbol pemulihan ekonomi Kota Bandung pascapandemi Covid 19. Harapannya, ekonomi di Kota Bandung bisa terus tumbuh.

“Dengan kebersamaan ini insyaallah kita bisa membangun Kota Bandung yang sudah baik menjadi semakin baik lagi,” ungkapnya.

“Kami dari pemerintah selalu hadir dan mendorong UMKM dan para seniman Kota Bandung agar terus berinovasi dan kreasi,” ungkap Yana.

Salah satu pihak yang terlibat dalam tari tradisional adalah Forum Perempuan Bandung Bersatu (FPBB). Person in Charge (PIC) FPBB, Lusiana Balubun menyampaikan, persiapan yang ia dan timnya lakukan untuk ikut memeriahkan acara puncak HJKB 212 sangat luar biasa. 

"Persiapannya luar biasa. Dua hari sekali kita latihan Jaipongan untuk HJKB 212 ini," ujar Lusiana. 

Baca Juga:

-Luar Biasa! Ketua RT di Sragen Diberikan Fasilitas Rumah Dinas

-Antapani Tengah Kelurahan Pertama yang Terapkan STBM di Kota Bandung

-90 Anggota Panwaslu Kecamatan Kota Bandung Dilantik, Ini Daftarnya!

-SK Pengangkatan Ketua RT-RW di Wonogiri Bisa Jadi Jaminan Kredit

Baca Juga: Sisihkan 24 Finalis, Alma dan Syena Mojang Jajaka Kota Bandung 2022

Tak hanya tarian jaipongan, ada pula tarian Manuk Dadali, dan tarian Wonderful, yang dikembangkan dari tradisi Jawa Barat. 

"Untuk tarian jaipong, kami melatih anak-anak muda untuk tampil dalam HJKB212 ini. Sedangkan untuk tarian Manuk Dadali dan tari Wonderful itu kami kembangkan sendiri berkolaborasi dengan Komunitas Cinta Budaya Nusantara (CBN)," jelas  Humas CBN, Maria Prasetyo.

Mereka tidak membedakan golongan muda mereka juga mengajak yang sudah senior. Dari enam orang para senior CBN yang tampil menari, hanya satu orang yang berusia 47 tahun sisanya sudah mencapai 60 tahun. 

Kehadiran CBN di acara HJKB212 pun bertujuan untuk mengedukasi kembali para generasi muda mengenai baju kebaya. Sebab, menurutnya kebaya ini salah satu budaya Indonesia yang kerap dianggap sebelah mata. 

"Kebaya sering diidentikkan dengan 'kolot', terlalu tradisional, tidak mengikuti fashion yang ada. Tapi sebenarnya kebaya ini bisa kita kreasikan sedemikian rupa tanpa menghilangkan makna dari kebaya itu sendiri," imbuhnya. 

Maka dari itu, pihaknya berkolaborasi dengan FPBB dalam menyemarakkan HJKB212 untuk kembali menyuarakan dan mengedukasi budaya Indonesia khususnya budaya Sunda kepada generasi muda. 

Dalam menutup rangkaian Hari Jadi Kota Bandung ke-212 juga diserahkan hadiah dan penghargaan kepada pemenang Lomba Kreativitas Merah Putih dan RW Inovatif.

Baca Juga: Tilang Manual Dihapus, Beginilah Proses Tilang ETLE dan Cara Bayar Dendanya

 

Daftar Pemenang Lomba Kreativitas Merah Putih dan RW Inovatif

Pengumuman pemenang dilaksanakan di sela-sela Festival Bangkit Bersama sebagai penutup Acara HJKB212 di Plaza Balai Kota Bandung.

Lomba ini digelar saat menyambut Hari Jadi ke-212 Kota Bandung sejak awal September hingga akhir Oktober ini.

Berikut ini daftar pemenangnya:

Tingkat Kelurahan 

Terfavorit: Kelurahan Sukapura.

Terbaik : Kelurahan Antapani Kidul

Tingkat Kecamatan 

Juara 1: Kecamatan Antapani.

Juara 2: Kecamatan Bandung Kidul.

Juara 3 : Kec. Bandung Wetan.

Tingkat RW:

Juara Favorit 1: RW 02 Kel. Cibangkong. Kec.Batununggal.

Juara Favorit 2: RW 01 Kel. Babakan Penghulu Kec. Cinambo 

Juara Favorit 3: RW. 16 Kel. Jatihandap Kec. Mandalajati.**

(YI)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

Berita Terkait