Peringati Sumpah Pemuda, Warga RW 01 Gegerkalong Tampilkan Karnaval Budaya

Ratusan Warga RW 01 Kelurahan Geger Kalong Kecamatan Sukasari Kota Bandung menggelar karnaval budaya pada acara yang berlangsung Minggu (30/10/2022) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 Warga RW 01 Kelurahan Geger Kalong Kecamatan Sukasari Kota Bandung menggelar karnaval budaya pada acara yang berlangsung Minggu (30/10/2022).

Camat Sukasari Sarjani Saleh dalam sambutan pelepasan karnaval budaya warga 01 Geger Kalong dalam rangka Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 menyampaikan bahwa dalam membangun kewilayahan yang dilakukan oleh pemerintahan Kota, Kecamatan, Kelurahan, hingga tingkat RW jika tidak didukung oleh warga, maka tidak akan dapat berjalan lancar dan baik.

“Ayo kita bersatu, ditengah keterbatasan yang ada, sebab kalau disatukan ini akan menjadi kekuatan yang sangat luar biasa dalam membangun,” ujar Camat Sukasari.

Baca Juga: HJKB 212 Ditutup Meriah, Inilah Pemenang Lomba Kreativitas dan RW Inovatif

 

Camat Sarjani Saleh yang lahir dan asli warga Geger Kalong menyampaikan pentingnya membangun kekuatan pangan di wilayah masing-masing.

“Seperti era dulu, mari kita biasakan lagi menanam agar kita tetap dapat bertahan ditengah keterbatasan pangan,” ujarnya.

Selaku Camat dan orang tua, Sarjani berpesan kepada generasi muda, pemuda/pemudi untuk senantisa hati-hati (kade-kade,red bahasa sunda).

“Jauhkan dari hal-hal yang kurang baik, masa depan wilayah ini dan negara ini ada dipundak pemuda sekalian, jangan sampai tidak sekolah, hati-hati dalam bergaul, dan jadilah panutan orang tua, serta jauhi dari masalah narkoba dan sebagainya,” pesan Camat Sarjani.

Baca Juga: Ketua RW Ini Berinovasi Ciptakan Aplikasi e-Ronda, Bisa Diunduh di Play Store

Dikesempatan yang sama Lurah Geger Kalong Beben Rubianto menyampaikan apresiasinya atas kegiatan yang dilakukan oleh RW 01 Geger Kalong dalam rangka Hari Sumpah Pemuda, setelah beberapa lama acara ini terhenti karena pandemi Covid-19.

“Covid-19 saat ini sudah melandai, dan aktivitas terus bergeliat kembali serta semoga warga senantiasa sehat selalu dalam menyambut kegiatan Sumpah Pemuda ini,” ungkap Beben.

Sementara itu Ketua RW 01 Geger Kalong Anak Agung Pranata (akrab disapa Abah Agung,red) mengungkapkan bahwa rangkaian acara ini akan dimulai dari seremonial pembukaan oleh Camat Sukasari dan pembacaan ikrar sumpah pemuda oleh Karang Taruna Geger Kalong serta berjalan menyusuri seputaran jalan Geger Kalong.

“Karnaval akan diikuti oleh perwakilan dari RT 01 hingga RT 07 dan juga menampilkan kesenian antara lain atraksi singa depok, atraksi barong dan kuda lumping,” jelasnya.

Baca Juga:

-Luar Biasa! Ketua RT di Sragen Diberikan Fasilitas Rumah Dinas

-Antapani Tengah Kelurahan Pertama yang Terapkan STBM di Kota Bandung

-90 Anggota Panwaslu Kecamatan Kota Bandung Dilantik, Ini Daftarnya!

-SK Pengangkatan Ketua RT-RW di Wonogiri Bisa Jadi Jaminan Kredit

Sebelum prosesi karnaval dimulai acara didahului dengan pembacaan ikrar Sumpah Pemuda oleh Karang Taruna yang dilakukan diatas Sisingaan serta diikuti oleh seluruh pemuda yang hadir.

Camat Sukasari Sarjani Saleh pun berkenan naik singa depok dengan diiringi musik dan tarian khas singa depok.

Peserta karnaval tersebut diikuti oleh perwakilan masing-masing RT dilingkungan RW 01 Geger Kalong menampilkan mulai dari tumpeng hingga Buruan SAE dan berbagai budaya sunda.

Baca Juga: 5 Kecamatan di Kota Bandung Raih Anugerah Kecamatan Layak Pemuda

 

Tonton Juga: Video Karnaval RW 01 Gegerkalong

Dipantau langsung Beritainspiratif.com di lokasi acara, tampak penampilan budaya yang disajikan antara lain tabuh bedug, atraksi singa depok, atraksi barong dan kuda lumping.

Pada karnaval yang diikuti oleh peserta dari perwakilan masing-masing RT dilingkungan RW 01 Geger Kalong tampak dari barisan depan anak-anak TKQ-TPQ Al Manshuriyyah dengan membawa spanduk dan drumband mini berjalan melintas dengan semangat, lalu diikuti pula TK Al Hikmah, yang sekaligus juga dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional.

Barisan berikutnya diikuti oleh ibu-ibu Posyandu Miana VI RW 01 Geger Kalong dan barisan belakangnya diikuti oleh para pemuda dengan barong dan kuda lumping dengan iringan bedug, kendang dan alat kesenian tradisional dari sanggar seni imah barong.

Lalu barisan RT 01 mengusung diatas tandu berupa tumpeng besar  bertuliskan Erte One.

Berikutnya RT 02 tidak ketinggalan juga mengangkat tandu yang berisikan berbagai sayuran, buah-buahan hingga kerupuk.

Begitupun RT 03 menyajikan hasil perkebunan dengan menggantungkan buah mangga dan lainnya di atas tandu yang digotong oleh empat warga.

 

Barisan berikutnya diikuti RT 04 tidak ketinggalan membawa berbagai jenis sayuran mulai dari kacang panjang, timun hingga tomat. Begitupun halnya dengan RT 05 membawa pisang matang dan sayuran.

Pada barisan RT 06 dengan tandu berbentuk saung bertuliskan Saung Abah RT 06 membawa berbagai jenis sayuran lengkap.

Tidak kalah lengkapnya dan ini mungkin paling lengkap yakni RT 07 selain membawa berbagai jenis sayuran juga didalam tandunya nampak terlihat pula, singkong, kerupuk, pisang hingga peteuy.

 

Karnaval ini tidak saja diikuti oleh seluruh warga RW 01 Geger Kalong, pada barisan akhir karnaval ini ikut serta mengiringi warga yakni Camat Sukasari, Lurah Geger Kalong, Forum RW Kelurahan Geger Kalong, Ketua RW 01, para Ketua RW Kelurahan Geger Kalong, sesepuh dan tokoh masyarakat, Jaga Budaya beserta jajaran lainnya.

Peserta Karnaval ini berjalan kaki mengitari sekitar jalan Geger Kalong dan kembali ke lokasi pemberangkatan di jalan Geger Kalong Nomor 161 Kota Bandung.

(YI)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

Berita Terkait