Ketua RW Ini Ciptakan Aplikasi e-Ronda, Mudahkan Pantau Petugas Jaga

Foto: Istimewa


BERITAINSPIRATIF.COM - Seorang Ketua RW di Kelurahan Danukusuman, Kecamatan Serengan, Kota Solo, mengembangkan aplikasi berbasis android untuk manajemen ronda di wilayah kampungnya. 

Aplikasi e-Ronda miliknya itu sukses mengantar meraih gelar juara 2 dalam ajang Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) 2022 tingkat Kota Solo, beberapa waktu lalu. 

Aris Joko Saraswo, si Ketua RW, menuturkan kalau idenya mengembangkan aplikasi e-Ronda berawal dari tugasnya yang harus mengikuti dan memantau kegiatan ronda di kampungnya.

Baca Juga: Peringati Sumpah Pemuda, Warga RW 01 Gegerkalong Tampilkan Karnaval Budaya

 

Baca Juga: HJKB 212 Ditutup Meriah, Inilah Pemenang Lomba Kreativitas dan RW Inovatif

Aris melaporkan pelaksanaan kegiatan ronda itu kepada warganya dalam bentuk video beserta deskripsi siapa saja petugas ronda, jam berapa, dan wilayah mana yang dipantau saat ronda tersebut

"Jadi setiap hari harus melaporkan pelaksanaan kegiatan ronda ini ke warga, dari situ muncul ide untuk membuat aplikasi e-Ronda ini," ujar Aris kepada Tempo.co (25/8/2022).

Sejumlah fitur penunjang kegiatan ronda yang ada dalam aplikasi itu di antaranya data nama petugas ronda, jadwal waktu ronda, lokasi ronda, hingga musik berupa suara kentongan khas ronda. Hasil ronda berupa rekaman video saat kegiatan ronda itu dapat dilaporkan ke grup WhatsApp warga. 

"Lokasi ada Google Map sehingga dapat diketahui ronda di wilayah mana serta jam, hari, tanggal, bulan, dan tahun yang seluruhnya real time," katanya.

 Baca Juga:

-Luar Biasa! Ketua RT di Sragen Diberikan Fasilitas Rumah Dinas

-Antapani Tengah Kelurahan Pertama yang Terapkan STBM di Kota Bandung

-90 Anggota Panwaslu Kecamatan Kota Bandung Dilantik, Ini Daftarnya!

-SK Pengangkatan Ketua RT-RW di Wonogiri Bisa Jadi Jaminan Kredit

Laporan yang bisa langsung dikirimkan melalui aplikasi perpesanan, menurut Aris, membuat warga dapat mengetahui kondisi lingkungan kampungnya dengan mudah.

"Contohnya pintu rumahnya sudah ditutup atau belum, lampu depan sudah dinyalakan atau belum dan sebagainya," kata Aris. 

Menurutnya, aplikasi e-ronda ini akan mempermudah pula petugas ronda untuk menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan ronda kepada warga, bahkan hingga ke petugas Linmas setempat. Aplikasi dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan dapat digunakan oleh siapa saja dan di mana saja. 

Aris berharap dengan Aplikasi e-Ronda ini dapat membantu masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing wilayah.

(YI)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

 

Berita Terkait