Maroko Ukir Sejarah, Negara Afrika dan Muslim Pertama Lolos Semifinal Piala Dunia

Foto: Bladi.net /Ist


BERITAINSPIRATIF.COM - Sejarah pun tercipta. Maroko menjadi negara Afrika pertama, sekaligus Arab dan Muslim pertama, yang mampu melangkah hingga semifinal Piala Dunia sepak bola FIFA.

Maroko mencetak sejarah sebagai negara Muslim pertama yang berhasil lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Portugal 1-0 di babak perempat final, Sabtu (11/12). lewat Gol  Youssef En-Nesyri pada menit ke-42.

 

Belum pernah ada tim dari Benua Afrika yang mencapai semifinal Piala Dunia. Kamerun (tahun 1990), Senegal (2002) dan Ghana (2010) semuanya gagal melewati babak delapan besar.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Dianugerahi Pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI AD

Maroko juga menjadi tim pertama dari wilayah Afrika Utara yang memenangkan satu poin di Piala Dunia 1970 dan menjadi yang pertama memuncaki grup pada Piala Dunia 1986 lalu lolos ke-16 besar.

Kemenangan Maroko juga dirayakan negara-negara Afrika dan Arab. President Chad Mahamat Idriss Deby mengatakan negaranya siap mendukung Maroko di Piala Dunia 2022.

"Bersejarah dan luar biasa! Keberhasilan Atlas Lions ke semifinal Piala Dunia 2022 adalah milik seluruh Afrika. Dukungan penuh kepada perwakilan Afrika untuk ke grand final. Juara dunia Afrika, ya itu mungkin, InsyaAllah!" tulis Deby  dikutip dari Reuters yang dilansir ANTARA.

Baca Juga:

-KUHP yang Baru, Berlaku Efektif 3 Tahun Setelah Diundangkan

-Libur Nataru, 2 Jalan Tol Baru dan 8 Tol Fungsional Ini Siap Beroperasi

-Inilah Tips Memilih Set Top Box dan Lokasi Penjualannya

-Deddy Corbuzier Dianugerahi Pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI AD

Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa, Penguasa Dubai Mohammed bin Rashed, Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani, Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh, Perdana Menteri Libya Abdulhamid al-Dbeibah, hingga Putra Mahkota Yordania Hussein juga memberikan selamat kepada timnas Maroko.

"Kami bergembira ketika orang-orang Arab bergembira, ini adalah kemenangan bersejarah," tulis Mohammad Shtayyeh.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Argentina Vs Kroasia ke Semifinal, Brasil dan Belanda Kandas

Maroko selanjutnya akan menghadapi Prancis pada babak semifinal Piala Dunia 2022, Kami (15/12) dini hari WIB. Prancis lolos ke empat besar setelah mengalahkan Inggris 2022.

Sementara semifinal lainnya mempertemukan Kroasia vs Argentina yang digelar pada Rabu (14/12) dini hari WIB.

(AA)

Berita Terkait