Bank Indonesia Kembali Disematkan Predikat Sebagai Badan Publik Informatif

dok. Bank Indonesia


Jakarta, Beritainspiratif.com - Komisi Informasi Pusat (KIP) RI kembali menyematkan predikat Badan Publik Informatif tahun 2022 kepada Bank Indonesia (BI), sebuah prestasi tertinggi yang juga diperoleh BI di tahun sebelumnya.

Penghargaan ini diberikan dalam Anugerah Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Badan Publik (BP) tahun 2022, di Tangerang (14/12), diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM, Mahfud MD, mewakili Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resminya (14/12/2022) mengungkapkan dalam penganugerahan ini, BI berhasil meraih prestasi tertinggi dalam kategori Lembaga Negara-Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LN-LPNK).

"BI berhasil raih prestasi tertinggi dengan nilai 99,00 atau dalam kualifikasi informatif. Anugerah tersebut mencerminkan kinerja optimal dalam pengelolaan dan pelayanan Informasi Publik," ungkap Erwin.

Baca: Daftar Nomor Urut Partai Politik Peserta Pemilu 2024

Dikatakan lebih lanjut Erwin Haryono, penilaian baik yang diraih BI tidak terlepas dari keterbukaan informasi publik di Bank Indonesia yang progresif dan inovatif. Secara lebih rinci, BI melakukan inovasi antara lain:

i) Melakukan evaluasi kebijakan LIP  agar tetap memberikan layanan yang  optimal   kepada masyarakat, di tengah pandemi COVID-19, dengan memaksimalkan penggunaan teknologi informasi,

ii) Mengoptimalkan media digital untuk penyajian informasi kepada masyarakat,

iii) Menyediakan berbagai fasilitas penunjang untuk akses bagi penyandang disabilitas dalam memperoleh informasi,

iv) Memperkuat peran e-PPID sebagai bentuk penyediaan akses informasi yang lebih mudah dan berbiaya ringan, antara lain dengan menyediakan berbagai opsi kanal-kanal digital: web portal, layanan informasi video online dan chatbot LISA.

Baca Juga:

-KUHP yang Baru, Berlaku Efektif 3 Tahun Setelah Diundangkan

-Libur Nataru, 2 Jalan Tol Baru dan 8 Tol Fungsional Ini Siap Beroperasi

-Inilah Tips Memilih Set Top Box dan Lokasi Penjualannya

-Deddy Corbuzier Dianugerahi Pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI AD

Sementara itu, pada gelaran penganugerahan, Menteri Mahfud MD menyampaikan bahwa akses informasi merupakan bagian penting dalam memastikan partisipasi publik dalam proses pengambilan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah.

"Harapannya, Badan Publik agar pro aktif menyebarkan informasi secara akurat, benar, dan terpercaya kepada masyarakat agar dapat menangkal informasi hoaks serta memperkuat ketahanan nasional," ujar Mahfud MD.

Baca Juga: Pemkot Bandung Terima Sertifikat Tanah Stadion GBLA dan Taman Lalu Lintas

Monev KIP melibatkan 372 badan publik, dengan 7 kategori: Kementerian, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintahan Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, Pemerintah Provinsi, Perguruan Tinggi Negeri, BUMN, dan Partai Politik. Dari seluruh kategori tersebut, Badan Publik yang dikategorikan sebagai badan yang informatif mencapai 122 badan publik dari peserta, atau setara 32,79%. Predikat lainnya di luar informatif yaitu menuju informatif, cukup informatif dan kurang informatif.

Monev tersebut merupakan salah satu implementasi dari Undang-Undang No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) di seluruh badan publik, untuk menilai keterbukaan informasi badan publik oleh Komisi Informasi Pusat (KIP). Penilaian tersebut meliputi pengisian Self Questioner Assessment (SAQ), tahapan presentasi uji publik pada tanggal 31 Oktober 2022, dan pelaksanaan visitasi verifikasi pendalaman  penilaian kuesioner e-monev serta hasil uji publik.

(YI)

Berita Terkait