Warga Sukamiskin Sampaikan Aspirasi Pada Reses Anggota DPRD Jabar Buky Wibawa

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Buky Wibawa (tengah) didampingi Camat Arcamanik (Kanan) dan Lurah Sukamiskin (kiri) pada saat acara reses di Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung Tahun Sidang 2022-2023, di Aula Kantor Kelurahan Sukamiskin, Jum’at (17/02/2023) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Buky Wibawa menyerap aspirasi masyarakat Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung  dalam Reses II Tahun Sidang 2022-2023, pada acara yang berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Sukamiskin, Jum’at (17/02/2023).

Buky Wibawa yang merupakan politisi dari Partai Gerindra Dapil I Kota Bandung dan Kota Cimahi menyampaikan kehadirannya untuk kesekian kalinya di Sukamiskin untuk melihat apakah masih ada aspirasi dari masyarakat yang belum terinformasi.

Ditegaskan oleh Buky, bahwa reses bukanlah kegiatan kampanye tetapi reses adalah kewajiban seluruh anggota DPR mulai dari Pusat sampai Kabupaten/Kota guna menemui masyarakatnya untuk menampung aspirasi dengan tujuan agar kami tahu Bolong-bolong (kelemahan) pembangunan yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah, karena kami punya tugas pengawasan, tugas terkait peraturan perundang-undangan, mediasi dan budgeting.

“Jadi sekali lagi, reses bukan kegiatan kampanye dan itu boleh dilakukan dimana saja kecuali di Masjid. Bisa di aula RW, Kelurahan hingga Kecamatan dan lainnya serta itu bisa dilakukan oleh anggota dewan lain dalam satu wilayah,” ungkap Buky yang dipantau langsung Beritainspiratif di lokasi acara Jum'at (17/2/2023).

“Untuk itu Buky berharap kepada masyarakat, jika ada reses agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” lanjutnya.

Baca Juga: Camat Arcamanik Harapkan Ada SMA Negeri di Wilayahnya

Buky melanjutkan pasca pandemi covid-19 ini kondisi keuangan pemerintah kita 50 persen anggarannya tersedot untuk penanganan covid dan tentunya saat ini masih belum stabil, namun secara perlahan mulai nampak bergeliat.

“Sehingga untuk pembiayaan yang kecil-kecil, masih bisa dapat kita ditangani sedangkan untuk yang besar, itu harus pemerintah pusat,” jelasnya.

Buky juga mencontohkan bahwa pihaknya sebelumnya juga telah memberikan bantuan kepada Sukamiskin seperti: Keybord untuk LPM, Guitar akustik dan peralatan ternak ikan lele (budikdamber) untuk Tarka, Kaos PKK, Material lapangan senam RW 05 dan sebagainya.

Buky yang duduk di Komisi IV DPRD Jabar (bidang infrastruktur)   yang juga  kakak artis penyanyi terkenal Nicky Astria, juga menerima berbagai masukan di bidang lain seperti posyandu, PKK, lingkungan dan lainnya.

“Jadi sekali lagi silahkan saja aspirasi tersebut disampaikan di kesempatan ini dan pasti saya catat dan disampaikan sebagai laporan. Meskipun bukan bidang saya tetapi itu akan saya sampaikan kepada bidang terkait,” ungkapnya.

Acara Reses ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab untuk mendengarkan masukan dari masyarakat Sukamiskin.

Baca Juga: Operasi Pasar di 3 Kecamatan Kota Bandung, Beras Premium Ludes Kurang dari Sejam

Bambang warga RW 16 yang juga koordinator BKM Kecamatan Arcamanik menyampaikan tahun 2023 ini ada bantuan rutilahu sekitar 30 rumah di kelurahan Cisaranten Endah yang selama ini belum teralokasikan, namun dalam pelaksanaannya diperlukan adanya dukungan/support dari anggota dewan untuk menjembati dengan pemerintah, agar bantuan ini dapat terlaksana.

Buky menyampaikan untuk hal tersebut nanti akan dilakukan pengecekkan terlebih dahulu.

“Nanti saya ajukan, Bapak tunggu kabarnya saja,” ujar Buky.

Sementara itu M. Muaf warga RW 17 mengusulkan agar setiap 300 meter sungai sungai yang ada diberi besi pembatas, sehingga setiap 300 meter sungai tersebut menjadi tanggung jawab RT, RW, Kelurahan setempat. Sehingga sampah-sampah yang berasal dari atasnya semua tertampung di kolam retensi RW 17 Sukamiskin.

Muaf juga menyampaikan jalan pertigaan yang berada dekat LP Sukamiskin rawan terhadap kecelakaan. Sehingga di jalan tersebut perlu diberikan pita kejut. Selain itu penerangan jalan umum (PJU) disekitar wisata Tepi Kota yang masih gelap perlu diberi lampu.

Menanggapi hal tersebut Buky akan lihat dahulu, mengingat terkait sungai melibatkan berbagai pihak dan birokrasi panjang.

“Untuk sampah itu menjadi perhatian serius pihak provinsi untuk dijadikan energi listrik. Sementara terkait PJU akan ditelusuri dulu itu menjadi tanggung jawab siapa. Untuk kami minta mohon bersabar,” jelasnya.

Baca Juga: Susunan Lengkap Exco PSSI Periode 2023-2027 Terpilih

Sementara itu Budi warga RT 02 RW 02 Sukamiskin menyoroti kebijakan restitusi pajak PBB yang tidak berpihak kepada rakyat kecil dan minta untuk ditinjau kembali.

Menjawab hal tersebut Buky menyampaikan “hal tersebut ada di kewenangan pusat, namun bila nanti bertemu pihak Bapeda hal ini akan saya sampaikan,” ungkapnya.

Perwakilan RW 16 Muslih menyampaikan terkait air diwilayahnya inginkan dilakukannya pengerukan sungai Cironggeng yang sudah dangkal akibat sampah. Selain itu Muslih juga menyampaikan keinginan bantuan untuk degung yang saat ini masih kurang 1 peralatan berupa gendang.

Perwakilan PKK Sukamiskin Ibu Inda juga menyampaikan diperlukannya bantuan berupa peralatan ukur tinggi badan untuk Posyandu di 17 RW.

“Alat ukur tinggi secara simbolis beberapa Posyandu akan saya penuhi,” tutur Buky.

Sementara Iwan warga RW 14 Sukamiskin melaporkan masalah air PDAM apabila turun hujan airnya keruh dan air keluarnya malam dan harus disedot.

Di sisi lain Warga RW 03 LP Sukamiskin Sundari menyampaikan keinginannya agar di Balai RW dapat dilengkapi tambahan kursi dan speaker yang sangat diperlukan oleh warga.

“Sementara dibatasi saja hanya untuk 2 RW Ibu-Ibu yakni RW 03 dan RW 08,” ujar Buky.

Dandan warga RW 09 melaporkan terkait pemanfaatan fasum yang digunakan pengolahan sampah di wilayahnya agar dapat didorong kejelasannya pemanfaatan lahan tersebut.

Usai tanya jawab acara dilanjutkan dengan simbolis penyerahan bantuan sembako berupa minyak dan beras kepada para peserta.

“Katanya menurut informasi harga minyak goreng dan beras tengah melonjak harganya, ini ada oleh-oleh semoga dapat bermanfaat,” ujar Buky saat penyerahan.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Pensiunan Tak Perlu Lapor SPT Tahunan? Begini Aturannya!

-Mulai 1 Januari 2024 NIK Resmi Jadi Nomor NPWP, Begini Cara Merubahnya

-Cara Perpanjang STNK Tanpa KTP Pemilik Lama

-E-KTP Perlahan Mulai Dihapus, Berikut Cara Buat KTP Digital Lewat HP

-BI Checking Dihapus, Begini Cara Periksa Catatan Kreditmu di SLIK OJK

-Kabar Gembira! Anak SD-SMP Kota Bandung yang Punya KIA, Dapat Diskon di 20 Tempat Ini

Berita Terkait