Plh Wali Kota Bandung Bangga RW RW Sukamiskin Jadi Kawasan Bebas Sampah

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna saat menyampaikan sambutan pada acara klarifikasi lapangan Lomba Kelurahan tingkat Nasional yang berlangsung di Halaman Kantor Kelurahan Sukamiskin, Jum'at (14/7/2023) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung mewakili Provinsi Jawa Barat menjalani tahap klarifikasi lapangan yang berlangsung di Kantor Kelurahan Sukamiskin Jalan Pacuan Kuda Kota Bandung pada Jum’at (14/7/2023).

Plh Wali Kota Bandung dalam sambutannya menyampaikan harapannya Kelurahan Sukamiskin mampu secara representatif menyampaikan apa yang sudah dilakukan selama ini terhadap pembangunan di Kota Bandung.

Ema mengatakan dirinya merasa bangga bahwa RW RW di Kelurahan Sukamiskin mendeclair wilayahnya telah menjadi Kawasan Bebas Sampah (KBS).

“Ini menjadi inspirasi dan dorongan disaat kemarin kami hampir terjebak dengan suasana darurat sampah,” ungkapnya.

Baca Juga: Atalia Praratya: Kepemimpinan Lurah Perempuan Jadi Tolak Ukur Keberhasilan Sukamiskin

Lurah Sukamiskin Farida Agustini mengungkapkan bahwa salah satu keberhasilan pemberdayaan masyarakat di Sukamiskin adalah berjalannya program Kang Pisman (Kurangi Pisahkan Manfaatkan) di Sukamiskin.

“Dari rujit menjadi duit. Bagi Sukamiskin sampah bisa menjadi duit. Saat ini dari semula 10 RW yang telah memilah sampah kini telah meningkat menjadi 14 RW yang telah mengolah sampah,”katanya.

Lebih Lanjut Ema Sumarna menyampaikan kepada Ketua TP PKK Jawa Barat Atalia Praratya bahwa di Sukamiskin ini stunting dan ODF nya sudah sangat baik.

“Penanganan sampah disini sudah dapat mereduksi yang dari aspek lingkungan dapat meningkatkan kesejahteraan, serta didukung dengan keberadaan Sport Center Jabar, sehingga sangat strategis,” jelasnya.

Baca Juga: Masuk 5 Besar Tingkat Nasional Regional II, SUKAMISKIN Jalani Klarifikasi Lapangan

Foto: Tim Juri Nasional saat meninjau Pertanian SENI TANI di RW 14

Ema Sumarna berharap, kehadiran tim penilai bisa memberikan semangat dan memicu pemerintah daerah untuk terus mengembangkan kualitas tata kelola pemerintahan. 

“Semangat ini harus mengalir terus baik di tataran kelurahan sampai ke kami di pemerintahan Kota Bandung. Berbagai program yang sudah ada di RKPD tahunan dalam DPA secara berjenjang akan dijalankan dalam level-level institusi,” pungkasnya. 

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Sukamiskin Melaju ke Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

-Perjalanan Sukamiskin Jadi Kelurahan Terbaik Tingkat Jawa Barat 2023

-Pemkot Bandung Sediakan RUSUN MURAH di Arcamanik, Cicilan Murah

-Tol Cisumdawu Diresmikan: Terhubung Bandara Kertajati, Cileunyi-Cipali 40 Menit

-Rakor Alat Peraga Kampanye 2024: Akan Dicopot Jika Dipasang di Tempat Ini

Berita Terkait