Rektor Unpad Apresiasi Wisudawan/Aktor Senior Deddy Mizwar, Lulus di Usia 68 Tahun

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti (kanan) saat mewisuda Deddy Mizwar (kiri), dari Program Studi Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, pada 8 – 10 Agustus 2023 / dok.Humas Unpad


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti melantik 1.942 wisudawan pada Upacara Wisuda Gelombang IV Tahun Ajaran 2022/2023. Upacara wisuda dilaksanakan dalam 5 sesi di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, pada 8 – 10 Agustus 2023.

Pelaksanaan wisuda dilaksanakan secara hybrid, dan 1.864 orang mendaftar untuk hadir secara langsung di Grha Sanusi Hardjadinata. Kepada wisudawan, Rektor berpesan bahwasanya pembelajaran tidak selesai hingga hari wisuda.

Di luar kampus adalah sekolah yang sebenarnya, tempat belajar berbagai ilmu kehidupan, juga tempat menguji kemampuan dan ilmu pengetahuan.

“Begitu banyak isu-isu yang menunggu sumbangan pikiran dan keahlian Saudara sebagai lulusan universitas multidisiplin,” kata Rektor, yang dilansir laman resmi Unpad.

Baca Juga: MA Lantik 2 Anggota Baru Dewan Komisioner OJK

Berbagai keilmuan ada di Unpad dan menjadi bagian dari para wisudawan. Rektor meyakini, Unpad mampu untuk menjadi kontributor positif dalam setiap permasalahan di Indonesia dan di dunia.

“Ini tentu saja bukan hal yang sederhana, karena di saat yang sama Saudara juga harus tetap membuka diri untuk terus belajar. Dengan demikian, Saudara bukan saja menjadi pemberi solusi bagi masyarakat, tetapi juga insan yang selalu berkembang menjadi lebih baik. Itulah makna utama dari belajar sepanjang hayat,” lanjutnya.

Dalam pidatonya, Rektor juga mengatakan bahwa sampai saat ini dan seterusnya, Unpad terus berupaya merespon baik tantangan global maupun nasional. Unpad terus meningkatkan kualitas dan relevansi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, kualitas layanan kademik, dan kualitas para lulusannya.

Dalam waktu dekat, Universitas Padjadjaran akan merayakan hari jadinya yang ke-66 dengan mengangkat tema Unpad: Unggul, Harmoni, dan Berdampak.

Tema tersebut juga relevan dengan pelaksanaan wisuda Unpad dimana diharapkan lulusan Unpad adalah manusia unggul, memiliki peran dan bersinergi dengan berbagai pihak, serta mampu menebarkan manfaat bagi masyarakat luas.

“Tema ini merupakan pernyataan komitmen bahwa Unpad akan mencetak manusia-manusia yang unggul secara akademis maupun karakter, sehingga dapat menciptakan harmoni di tengah masyarakat, serta memberikan dampak positif,” ujar Rektor.

Baca Juga: Disetujui Presiden, Proyek Kereta Gantung Rute Bandung Raya Segera Dimulai

Baca Juga: Wisuda Diberi Bunga Sudah Biasa! Lulusan Unpad Ini Dihadiahi Mobil oleh Mentornya

Unpad pun terus menuai berbagai prestasi yang telah membawa harum nama almamater secara nasional dan internasional, baik akademik maupun non akademik.

Prestasi juga dituai oleh sejumlah wisudawan. Pada kesempatan tersebut, Rektor menyampaikan apresiasi khusus kepada para wisudawan terbaik Unpad, yaitu:

1. Wisudawan terbaik Program Doktor yang diraih oleh Al Arofatus Naini, dari Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, yang juga merupakan penerima beasiswa PMDSU batch V dan telah menghasilkan LIMA publikasi pada Jurnal terindeks Scopus Q1, EMPAT pada Jurnal Q2, TIGA pada Jurnal Q3, dan SATU pada Jurnal Q4;

2. Wisudawan terbaik Program SubSpesialis yang diraih oleh Febia Erfiandi, dari Program Studi Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, dengan DUA publikasi pada Jurnal terindeks Scopus Q1, DUA pada Jurnal Q2, dan TIGA pada Jurnal Q3;

3. Wisudawan terbaik Program Magister yang diraih oleh Raden Trizaldi Prima Alamsyah, dari Program Studi Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, yang masuk melalui jalur fast track dan telah memublikasikan sebuah artikel ilmiah melalui Jurnal terindeks Scopus Q2;

4. Wisudawan terbaik Program Spesialis yang diraih oleh Arnova Reswari, dari Program Studi Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, dengan dua publikasi pada Jurnal terindeks Scopus Q2 dan satu pada Jurnal Q4;

5. Wisudawan terbaik Program Profesi yang diraih oleh Shindy Apriliany, dari Program Studi Apoteker, Fakultas Farmasi;

6. Wisudawan terbaik dari Program Sarjana yang diraih oleh Aaliyah Aulia Rivai, dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi;

7. Wisudawan terbaik dari Program Sarjana Terapan yang diraih oleh Irene Anastasya, dari Program Studi Manajemen Produksi Media, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Baca Juga: LURAH SUKAMISKIN Paparkan Keunggulan di Ajang Lomba Tingkat Nasional, Asep Gufron: Semoga ke Istana

Apresiasi

Apresiasi khusus juga diberikan kepada wisudawan paling senior secara usia, yang membuktikan bahwa semangat menuntut ilmu tidak terbatas oleh usia. Ia adalah Deddy Mizwar, Lulus Program (Doktor, Aktor senior & mantan Wakil Gubernur Jabar, red) Studi Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, yang lulus di usia 68 tahun 4 bulan 12 hari.

Apresiasi juga disampaikan kepada wisudawan termuda, yang berasal dari Program Sarjana, yaitu Muhammad Angga Arkananta, dari Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, di usia 19 tahun 4 bulan 24 hari.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Canggih! Kamera CCTV di Kota Bandung Kini Mampu Mendeteksi Wajah

-AMSI AWARDS 2023 Akan Digelar di Kota Bandung

-Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Beroperasi 18 Agustus 2023, Ini Rutenya!

-Daftar BURUAN SAE Penerima Anugrah Insan Pangan & Pertanian Kota Bandung

-SUKAMISKIN Masuk 3 Besar Lomba Kelurahan Tingkat NASIONAL Regional II

-Pemerintah Terbitkan Perpres, Penanganan Pandemi COVID-19 Berakhir

Berita Terkait