Sekda Kota Bandung Minta Warga Pasar Kelola Sampah

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna saat menyampaikan keterangan di Kota Bandung Selasa (24/10/2023) / Humas Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengakui, tumpukan sampah masih terjadi di sejumlah pasar tradisional. Oleh karenanya, ia mengajak pedagang untuk turut memilah sampah.

"Sampah pasar itu dominan. Warga pasar belum optimal memilah sampah. Apalagi mereduksi sampah, mereka itu inginnya membuang saja," kata Ema, Selasa 24 Oktober 2023. 

"Ini yang segera dipaksa untuk edukasi, karena TPS itu tidak untuk organik dan anorganik, yang boleh itu hanya residu. Mereka harus belajar. Mau kapan lagi, ini harus bergerak," imbuhnya. 

Baca Juga:Cisurupan Cibiru Miliki Insinerator Sampah Kapasitas 600 Kg/Hari, Swadaya Masyarakat

Menurut Ema, pasar yang dikelola oleh Pemkot Bandung merupakan bagian organisasi yang harus mengikuti aturan. Pengelola pasar bisa bekerja sama dengan vendor bahkan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup. 

"Perumda Pasar bagian organisasi pemerintahan, mereka harus berfikir lebih baik. Secara teknis mau kerja sama dengan vendor, atau secara intensif dengan DLH, kita sudah ingatkan. Jadi sampah bagian daripada tugas utama yang harus ditangani," tegasnya. 

Baca Juga: INILAH peserta Terbaik Sespimti Polri Dikreg ke-32 TA 2023

Disamping itu, Ema mengatakan saat ini memasuki musim penghujan, sehingga masyarakat diimbau untuk mengelola sampah jangan sampai terjadi banjir. 

"Kalau itu terjadi tumpukan, jelas akan merusak estetika sehingga menimbulkan bau. Kalau bertumpuk di jalan itu akan menjadi potensi berserakan, kalau terbawa air hujan," tuturnya. **

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(AA) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Daftar Kota Terpanas di Indonesia, Suhu Mencapai 39,4 Derajat

-Lurah Sukamiskin Berbagi Tips Keberhasilan Kepada Lurah dan Kades Kab. Kutai Kartanegara

-Satgas Darurat Sampah Kota Bandung: Yang Boleh Dibuang ke TPS Itu, Sampah Residu!

-Masa Darurat akan Diperpanjang, Penanganan Sampah Kota Bandung Terapkan Pola Cluster

-12 RW di Kota Bandung Raih Penghargaan PROKLIM dari Kementerian LHK, Ini Daftarnya!

Berita Terkait