Ketua TP PKK Kabupaten Halmahera Timur Maluku Utara, Study Banding ke Kelurahan Sukamiskin

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara beserta 35 orang anggota saat melakukan kunjungan ke Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, berlangsung di Aula Kelurahan Sukamiskin, Senin (13/11/2023) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara melakukan kunjungan ke Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, berlangsung di Aula Kelurahan Sukamiskin, Senin (13/11/2023).

Dipantau langsung Beritainspiratif.com di loksi acara, kunjungan sebanyak 35 orang tersebut dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Halmahera Timur Ibu Siti Nur Ubaid Yakub yang juga Istri Bupati Halmahera Timur dan Wakil TP PKK Ibu Ema Anjas Taher yang juga istri Wakil Bupati Halmahera Timur disertai Ketua dan pengurus Pokja TP PKK.

Rombongan diterima Lurah Sukamiskin Farida Agustini, Pengurus TP PKK Kota Bandung yang dipimpin Ketua Pokja 2 Ibu Yanti, TP PKK Kecamatan Arcamanik, Kasie pemberdayaan masyarakat Kecamatan Arcamanik, Ketua PKK Kelurahan Sukamiskin dan anggota Pokja 1 sampai 4 beserta lainnya.

Baca Juga: Lurah Sukamiskin Berbagi Tips Kepada Lurah dan Kades Kab. Kutai Kartanegara KALTIM

 

Ketua TP PKK Kabupaten Halmahera Timur Ibu Siti Nur Ubaid Yakub menyampaikan terima kasihnya atas penyambutannya dalam kunjungan ini. Diharapkan dapat diperoleh masukan yang baik bagi TP PKK kami.

“Kunjungan ini dalam rangka study banding administrasi khususnya bidang 2 TP PKK yang membawahi bidang pendidikan dan keterampilan serta bidang lainnya,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pokja 2 TP PKK Kota Bandung Ibu Yanti menyampaikan selamat datang dan  memperkenalkan pengurus dan anggota TP PKK, usai menyampaikan seputar kegiatan yang dilaksanakan oleh pejuang PKK di Kota Bandung.

“Pejuang PKK harus tetap semangat dengan berpegang pada kata SAJUTA - Sabar, Jujur dan Tawakal,” ungkapnya.

“Apabila masih ingin mendalami lebih lanjut, dapat disampaikan langsung atau dapat melakukan kunjungan kembali ke Kota Bandung,” tutupnya.

Baca Juga: Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Studi Tiru Ke Kelurahan SUKAMISKIN

 

Di kesempatan yang sama Lurah Sukamiskin Farida Agustini menyampaikan terima kasih dan bangganya atas kunjungan dari TP PKK Kabupaten Halmahera Timur di Kelurahan Sukamiskin.

Farida mengungkapkan bahwa sebelumnya Sukamiskin pun baru selesai menerima kunjungan dari Kabupaten Bengkayang Kalbar, Kabupaten Kutai Kartanegara Kaltim dan Kota Surakarta.

“Ini hampir seluruh wilayah di Indonesia telah mengunjungi Sukamiskin,” jelasnya.

Lebih lanjut Farida menceritakan bahwa juara II nasional yang diraih Sukamiskin ini adalah berkat PKK  dan unsur lainnya. Dengan berkolaborasi, inovasi-inovasi di masyrakat semuanya muncul.

“Sukamiskin bisa juara karena PKK nya, karena LPM nya dan LKK nya serta didukung oleh ASN mulai dari kelurahan hingga provinsi, semua mendukung,” ujar Farida.

“Sehingga Sukamiskin yang memiliki arti pasar wewangian bisa membawa harum sampai ke tingkat nasional,” lanjutnya.

Baca Juga: Ketua TP PKK Kabupaten Bengkayang KALBAR Panen Sayuran di SUKAMISKIN

 

Baca Juga: Pemkot Bandung Raih Penghargaan ODF 100 Persen

Pada kesempatan tersebut Lurah Sukamiskin juga memaparkan inovasi inovasi yang ada di Kelurahan Sukamiskin seperti, Kang Pisman, Bandung Tanginas, Samping, Berpisah, Takakura, mom’s holticulture, Buruan Sae, Budikdamber dan sebagainya.

Selain itu pada acara tersebut Ketua TP PKK Kelurahan Sukamiskin Inda Cuenda juga memaparkan seputar kegiatan yang telah berjalan selama ini.

Dikatakan bahwa TP PKK Kelurahan Sukamiskin memiliki 8 orang anggota termasuk Pokja 1 sampai 4, Posyandu di 17 RW dan terdapat 92 RT.

“Kami telah mengikuti lomba Kadarkum, dan meraih juara 2 tingkat Provinsi Jawa Barat,” tuturnya.

“Kita juga ada kegiatan seperti ketahanan keluarga, pengajian, kerja bakti dan melakukan kerjasama dengan komunitas di Kecamatan Arcamanik (Next Star) dibidang teknologi yang mendukung tugas yang dijalankan melalui aplikasi yang ada di PKK,” jelasnya.

“Di pokja pokja kita ada sosialisasi terkait literasi, paud. Lalu PKK RW 02 dan RW 09 yang mendukung dalam pengolaan sampah dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat, Buruan Sae. Ada juga inovasi Bandung Tangginas, seni tani, Selir, Samping, SIPOPO, e-Penting, Bang Kasep dan sebagainya,” pungkasnya.

Baca Juga: Kenali, Inilah 27 NAMA JALAN BARU di Kabupaten Garut

 

Tonton Juga: Video Kunjungan TP PKK Kabupaten Halmahera Timur

Acara diisi juga dengan serah terima cindera mata dari Ketua TP PKK Kota Bandung yang disampaikan oleh Ketua Pokja 2 TP PKK Kota Bandung kepada TP PKK Kabupaten Halmahera Timur, lalu dari  Kelurahan Sukamiskin, lanjut dari TP PKK Kabupaten Halmahera Timur ke TP PKK Kota Bandung.

Acara dilanjutkan dengan office Tour, dengan mengunjungi dan melihat administrasi di kantor TP PKK Kelurahan Sukamiskin, dilanjutkan dengan pengelolaan sampah di Kantor Kelurahan Sukamiskin melalui Loseda, serta ditutup dengan makan siang dan foto bersama.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Terbesar Kedua di Indonesia! Bandara Kertajati Sudah Beroperasi Penuh, Ini Rutenya

-Cacar Monyet Sudah Masuk Kota Bandung, Begini Cegah Penularannya!

-Usung Desain GARUDA, Pembangunan Gedung BANK INDONESIA di IKN Dimulai

-Tiket Kereta Api untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2024 Sudah Dibuka

-Pemkot Bandung Gelar Pasar Murah di 30 Kecamatan, Ini Jadwalnya!

-Kenali, Inilah 27 NAMA JALAN BARU di Kabupaten Garut

Berita Terkait