'Aku Bangga BI Bermakna' Dorong PPBI Bersinergi

PPBI Bandung menggelar silaturahmi perdana di tahun 2024 berlangsung di Lantai II Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Selasa 16 Januari 2024 / Bicom-Yayan


Bandung, Beritainspiratif.com - Perkumpulan Pensiunan Bank Indonesia (PPBI) Bandung menggelar silaturahmi perdana di tahun 2024. Acara digelar dengan tema “Dengan meningkatkan silaturahmi, kita sambut tahun baru 2024 untuk mencapai hidup sehat dan bahagia” berlangsung di Lantai II Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Selasa 16 Januari 2024.

Acara diawali dengan sambutan Ketua PPBI Bandung Darwin Nachwan menyampaikan terima kasih kepada Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Erwin Gunawan yang telah banyak membantu dan memberikan dorongan dalam kegiatan PPBI.

“PPBI merasa sangat dibantu diberbagai acara seperti mensupport kegiatan, menghadiri langsung acara pengajian dan sebagainya,” ujar Darwin.

“Untuk itu hadirin mari kita berikan aplause untuk Bapak Erwin Gunawan Hutapea,” ungkap Darwin yang disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Baca Juga: Halal Bihalal PPBI Bandung: 4 Perkara Ini Akan Buat Hidup Bahagia Dunia Akhirat

 

Darwin juga menyampaikan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan terkait anggota PPBI Bandung.

 

"Misalnya Darmawisata, pertemuan silaturahmi, pengajian, mendorong UMKM dan sebagainya,” jelasnya.

Darwin berharap UMKM PPBI Bandung dapat berkolaborasi dengan UMKM Bank Indonesia sehingga memiliki prospek kedepannya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat  tahun baru 2024. Mudah-mudahan menjadi tahun yang lebih baik buat kita terutama kesehatan.

Erwin juga menyampaikan update perekonomian nasional 2023 dalam kondisi baik, meskipun angka pertumbuhan secara keseluruhan belum dirilis oleh BPS.

“Namun diperkirakan angka pertumbuhan masih berada disekitar 5 persen,” ujar Erwin.

“Inflasi Jawa Barat selama tahun 2023 tercatat 2,48 persen. Lebih rendah dari pada inflasi nasional yang tercatat  2,61 persen. Angka 2,48 persen ini jauh lebih rendah dibandingkan inflasi tahun 2022  yang angkanya lebih tinggi dari 6 persen,” tegasnya.

Baca Juga: Mantan Gubernur BI Hadiri Halal Bihalal PPBI Bandung di Bikasoga

 

Erwin berpesan kepada para pensiunan bahwa pertumbuhan tahun 2024 tidak semudah tahun 2023.

“Jadi saya menghimbau, untuk bijak melakukan pengelolaan keuangan, karena kelihatannya inflasinya pada tahun 2024 itu akan lebih tinggi dari pada tahun 2023 dan mungkin inflasinya akan berada disekitar 3 persen,” pesannya.

Erwin Gunawan juga menyampaikan bahwa sebagai salah satu pilar penguat Bank Indonesia didalamnya termasuk seluruh pilar keluarga Bank Indonesia dan juga PPBI yang ada didalamnya.

“Dewan Gubernur sangat mendorong adanya kegiatan yang disebut Aku Bangga BI Bermakna (AB3). Kegiatan tersebut tidak saja melibatkan pegawai tetapi juga melibatkan istri-istri pegawai, melibatkan juga pensiunan dalam kegiatan selama tahun 2023 dan akan berlanjut di tahun 2024,” ungkapnya.   

“Terkait UMKM lanjut Erwin, bagi anggota PPBI yang aktif di UMKM untuk nanti bisa bersama-sama pegawai melakukan kolaborasi,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Erwin juga sekaligus menyampaikan pamit dan  mohon maaf serta doa, mengingat  pada Februari 2024 nanti akan bertugas di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur.

Acara juga diisi dengan penyampaian sosialisasi materi tentang AB3 (Aku Bangga BI Bermakna) yang disampaikan Lugiana KPw BI Jabar

Lugiana menyampaikan bahwa strategi utama dalam program Aku Bangga BI Bermakna itu ada tiga.

“Yang pertama adalah kepemimpinan, yang kedua adalah keluarga, dan yang ketiga adalah kesejahteraan,” tutur Lugiana.

Lugiana menyampaikan bahwa untuk PPBI ini masuknya pada strategi keluarga dan kesejahteraan.

“Untuk keluarga pilar pertama adalah berupa kolaborasi aktif antar pegawai bahkan dengan PPBI kolaborasi dan sinergi, kemudian pilar kedua  work life spiritual yang seimbang,” lanjutnya.

Sedangkan strategi yang ketiga adalah keluarga yang harmonis lanjut Lugiana.

“Di program yang ketiga inilah PPBI dapat masuk. Program yang disinergikan adalah keluarga yang harmonis. Selain juga ada program kesejahteraan berupa  kesehatan yang  terpelihara juga dapat dikerjasamakan,” jelasnya.

Baca Juga: Inflasi Tahunan Kota Bandung Terendah di Indonesia

 

Selain itu acara juga diisi dengan tausyiah yang disampaikan oleh Ustadz Teuku Maulana.

Diungkapkannya bahwa silaturahmi tersebut tidak harus dikemas dengan momen-momen tertentu  seperti  idul fitri.

Ustadz Teuku Maulana mengungkapkan pentingnya silaturahmi yang tidak terbatasi oleh waktu yaitu silaturahmi harian yang menjadi tugas kita terhadap tetangga.

“Jadi ketika kita berinteraksi dengan tetangga, itu adalah salah satu silaturahmi harian. Sehingga silaturahmi tidak bisa dibatasi oleh waktu. Dia harus mengalir terus dari waktu ke waktu,” terangnya.

Ia menjelaskan bahwa silaturahmi harian salah satu indikatornya adalah seberapa besar kadar kepedulian terhadap tetangga.

“Hati-hati jangan asyik dengan ibadah sendiri, tetapi ketika hubungan kita dengan tetangga tidak baik, maka ibadah yang dilakukan bisa menjadi tidak bernilai di mata Allah,” jelasnya.

“Jadi Iman seseorang, ibadah seseorang harus ada pembuktian dalam kehidupan keseharian yaitu dengan tetangga,” lanjutnya.

“Kalau ada tetangga yang sakit jenguk,” tegasnya.

Saksikan Video Tayangan:

- Silaturahmi PPBI Bandung

- UMKM dan Kuliner PPBI Bandung

Memasuki hidangan makan siang acara diisi dengan hiburan dengan menampilkan paduan suara dari para anggota PPBI Bandung serta penampilan spontanitas dari para anggota PPBI Bandung serta doorprize bagi anggota PPBI yang beruntung.

Dalam acara silaturahmi tersebut para anggota PPBI Bandung juga berkenan menghadirkan usaha UMKM berupa kuliner dari berbagai jajanan antara lain produk kerajinan tas, batik, makanan/jajanan lainnya seperti Baso, risol, pepes, crispy, noga kacang, rendang, aneka jajanan, pempek, tekwan, tahu tegal, tahu pletok, Roti Japannes Style, Kopi, Mukena, sayur-sayuran, aneka buah segar berbagai jenis, Dimsum, pastel dan sebagainya.

Hadir juga dalam stand tersebut adalah BIMC yang menggelar pemeriksaan kesehatan bagi pensiunan diantaranya pemeriksaan darah, kolesterol, asam urat dll.

Ada juga stand dari Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk memudahkan anggota PPBI Bandung melakukan pembukaan rekening dengan produk unggulan dari BSI.

Dalam silaturahmi tersebut juga disosialisasikan dan sekaligus mengajak para pensiunan untuk mengikuti kegiatan olah raga gateball yang disampaikan oleh Cheppy Sumawijaya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

Berita Terkait