UPI Umumkan Ketentuan Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Tahun 2021, Begini !

Kampus UPI Bandung (Foto: Istimewa)


Bandung, Beritainspiratif.com - Pada tahun 2021, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menugaskan kembali Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjadi salah satu Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Berkenaan dengan Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021, Direktur Direktorat Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Dr. rer.nat Asep Supriatna, M.Si menyampaikan jumlah peserta yang akan ikut dalam UTBK tersebut.

"Jumlah peserta UTBK di Kampus UPI dan Mitra UPI yaitu Politeknik Pos dan Politeknik Negeri Bandung sebanyak 20.244 Orang. Jumlah peserta UTBK di UPI Kampus Cibiru sebanyak 1.516 orang. Jumlah peserta UTBK di UPI Kampus Sumedang sebanyak 951 orang. Jumlah peserta UTBK di UPI Kampus Purwakarta sebanyak 1.042 orang," katanya.

"Jumlah peserta UTBK untuk peserta tunanetra total sebanyak 19 Orang. Peserta seleksi ditempatkan di Gedung Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (STI) di ruang diklat 1 sebanyak 9 orang dan ruang diklat 2 sebanyak 10 orang yang dilaksanakan pada Sesi 7 hari Kamis/15 April 2021," tambahnya.

Baca Juga: Petik Sendiri, Nikmati Rasa Asam Manis Jeruk Primong di HAS Farm

Diungkapkan pula oleh Kepala Hubungan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Deni Darmawan, M.Si, bahwa UTBK SBMPTN UPI 2021 akan dilaksanakan dengan jadwal sebagai berikut:

1. Registrasi Akun LTMPT : 07 Feb – 12 Maret 2021

2. Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021: 15 Maret – 01 April 2021

3. Pelaksanaan UTBK (2 Gelombang)

- Gelombang 1: 12 – 18 April 2021

- Gelombang 2: 26 April – 02 Mei 2021

4. Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN: 14 Juni 2021 (Pukul 15.00 WIB)

Dengan catatan, setiap Hari Dilakukan 2 Sesi (Pagi dan Siang).

UTBK SBMPTN UPI 2021 ini akan diselenggarakan di 6 (enam) lokasi yaitu:

1. UPI Kampus Bumi Siliwangi Kota Bandung

2. Mitra 1: Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) Kota Bandung

3. Mitra 2: Politeknik Negeri Bandung (Polban) Kab. Bandung Barat

4. UPI Kampus Cibiru Kab. Bandung

5. UPI Kampus Sumedang Kabupaten Sumedang

6. UPI Kampus Purwakarta Kabupaten Purwakarta

Penyelenggaraan UTBK SBMPTN UPI 2021

"Peraturan, Ketentuan dan Standar Protokol Kesehatan Pemerintah Republik Indonesia melalui Pemerintah, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pusat, Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Daerah di Kabupaten dan Kota. Juga Berkoordinasi dengan Kepolisian dan Komandan Rayon Militer Setempat," jelasnya.

Selain itu ditetapkan juga Protokol Pelaksanaan UTBK SBMPTN UPI 2021 pada Masa Pandemi COVID 19 bagi Pergerakan Peserta dan Pengantar.

"Pergerakan Peserta dan Pengantar dilaksanakan sedemikian rupa agar kerumunan massa bisa dihindarkan, sejak Gerbang Masuk, Ruang Transit, sampai Ruang Lokasi dan Ujian dan kembali pulang melalui Gerbang Keluar," ungkapnya.

"Mobil hanya diperbolehkan melakukan drop-off peserta di Lahan Parkir Lokasi. Lahan Parkir Lokasi adalah Ruang Transit Peserta. Di Ruang Transit disediakan tempat dengan Protokol Kesehatan," tambahnya

Pengantar dan pihak lain yang tidak berkepentingan dilarang berada di Ruang Transit. Parkir Mobil disediakan di Halaman Gymnasium, Halaman Depan ATM dan Lahan Parkir Lapangan Sepakbola. Mitra Pelaksana (Poltek Pos dan Politeknik Negeri Bandung) dan Kampus UPI di Daerah dapat menyesuaikan hal teknis terkait ini.

(Ida)

Baca Juga: Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait