Presiden Jokowi Lantik Kepala Otorita IKN Baru

dok.M.Medcom.id


Jakarta, Beritainspiratif.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (10/03/2022) sore.

Dalam prosesi yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta tersebut, Kepala Negara melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulsel Sisa Masa Jabatan Tahun 2018-2023. Sedangkan, Bambang Susantono dilantik sebagai Kepala Otorita IKN serta Dhony Rahajoe dilantik sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

Pelantikan Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulsel dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 25/P Tahun 2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Masa Jabatan Tahun 2018-2023 dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur Sulawesi Selatan Sisa Masa Jabatan Tahun 2018-2023 yang ditetapkan Presiden Jokowi di Jakarta pada tanggal 4 Maret 2022.

Baca Juga: Pesan Presiden Kepada Kepala Otorita IKN: Jadikan NUSANTARA Percontohan Dunia

Kemudian pelantikan Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 9/M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditetapkan Presiden Jokowi di Jakarta pada tanggal 9 Maret 2022.

Jalannya Pelantikan

Sebelum pelantikan, Andi Sudirman Sulaiman terlebih dahulu menerima petikan Surat Keputusan Presiden di Istana Merdeka. Kemudian bersama Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Andi melakukan prosesi kirab menuju Istana Negara.

Usai pembacaan Keputusan Presiden oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti, acara pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden Joko Widodo.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang, dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Andi Sudirman Sulaiman di hadapan Presiden dilansir laman Setkab.RI.

Baca Juga: Mulai 9 Maret, Naik Kereta Tak Perlu PCR dan Antigen

Andi yang sebelumnya menjabat Wakil Gubernur Sulsel menggantikan Gubernur Sulawesi Selatan sebelumnya, yaitu Nurdin Abdullah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai kepala dan wakil kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang, dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe di hadapan Presiden.

Pelantikan kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat yang didahului oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Wakil Presiden dalam pelantikan antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

Profil Bambang Susantono:

Dikutip dari laman M.Medcom.id Bambang Susantono Lahir 4 November 1963 di Yogyakarta

Bambang Susantono menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan, Kabinet Indonesia Bersatu II, periode 2010-2014.

Lulusan Fakultas Teknik Sipil ITB ini mengawali kariernya di Departemen Pekerjaan Umum. Ia dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi.

Sebelum menjadi Wakil Menteri Perhubungan, pria asal Yogyakarta ini menjabat Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah sejak 2007 hingga 2010.

Perhatiannya kepada bidang transportasi, mengantarnya aktif di organisasi kajian transportasi internasional seperti East Asia of Transportation Studies (EASTS). Di lembaga itu ia menjabat sebagai Vice President.

Bambang juga menjadi anggota Board of Trustees untuk The South North Foundation di Johannesburg, Afrika Selatan. Lembaga ini bergerak di bidang perubahan iklim dan lingkungan.

Selain sebagai praktisi, Bambang juga masih aktif di dunia akademis. Dia menjadi pengajar dan pembimbing tesis di Program Pasca Sarjana Bidang Ilmu Teknik Universitas Indonesia. Bambang juga melakukan penelitian di bidang transportasi dan menulis di media cetak serta menulis buku di antaranya "Manajemen infrastruktur dan Pengembangan Wilayah". 

(YI)

Baca Juga:  

Berita Terkait