Forum Dosen SBM ITB dan Rektor Sepakat Negosiasi, Perkuliahan Kembali Normal



KOTA BANDUNG, BERITAINSPIRATIF.COM - Konflik antara Forum Dosen (FD) Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB dan Rektor ITB Reini Wirahadikusumah memasuki babak baru. FD SBM ITB dan Rektor ITB menyepakati bernegosiasi terkait aturan-aturan tentang pengelolaan SBM ITB. 

Koordinator Forum Dosen SBM ITB (FD SBM ITB) Jann Hidajat mengatakan, FD SBM ITB telah bertemu dengan Rektor ITB Reini Wirahadikusumah, Senin (14/3/2022). Dalam pertemuan itu, disepakati FD SBM ITB dan Rektor akan menegosiasikan aturan-aturan yang telah dikeluarkan Rektor agar menguntungkan bagi kedua belah pihak. Ada tiga aturan yang telah dikeluarkan Rektor, yakni Peraturan Rektor Nomor 1165 Tahun 2021 temtang Standar Biaya, Peraturan Rektor Nomor 1162 Tahun 2021 tentang Pencabutan Swakelola dan Peraturan Rektor Nomor 25620 Tahun 2021 tentang Tata Kelola.

Baca Juga: Tanah dan Air se-Indonesia Disatukan di Titik Nol Kilometer IKN Baru

Negosiasi tentang aturan-aturan tersebut akan dilaksanakan oleh tim kecil yang dilakukan oleh FD SBM ITB dan Rektorat sebagai tim penyusun. Negosiasi juga melibatkan perwakilan Forum Orang Tua Mahasiswa SBM ITB (FOM SBM ITB), dan Ikatan Alumni SBM ITB (IA SBM ITB) sebagai penengah. 

Dalam menegosiasikan aturan-aturan rektor, tim kecil akan mengacu pada SK Rektor Nomor 203/SK/K01/KP/2003 tentang Pendirian Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB. Penyusunan aturan akan berlangsung hingga akhir Mei 2022. 

"Selama proses negosiasi, sistem pengelolaan SBM ITB mengacu pada aturan lama yakni SK Rektor Nomor 203/SK/K01/KP/2003," kata Jann dalam jumpa pers.

Dengan disepakatinya adanya negosiasi antara FD Dosen SBM ITB dan Rektor ITB, maka seluruh anggota FD SBM ITB berkomitmen untuk menjalankan proses pembelajaran dan pembimbingan kepada mahasiswa sesuai kondisi normal. 

"Kami tegaskan besok mulai Selasa 15 Maret 2022, akan kuliah normal, selama negosiasi kita komitmen kuliah normal, selama sistem yang digunakan sistem lama," ujar Jann. 

Pendiri SBM ITB Kuntoro Mangkusubroto menambahkan, pada rapat selama 2,5 jam antara SBM ITB dan Rektor ITB, FD SBM ITB menyampaikan negosiasi. Rektor secara lisan memyetujui negosiasi tersebut.  Negosiasi akan mulai Selasa (15/3/2022). FD SBM ITB dan Rektor ITB akan kembali bertemu Rektor ITB Reini Wirahadikusumah untuk membicarakan hal-hal yang lebih teknis lagi.

(Ida)

Berita Terkait