Mudik Lewat Jalur Pantai Selatan (Pansela), Inilah 23 Kabupaten yang Akan Dilewati

Salah satu keindahan pantai alam yang ditemui saat mudik melalui jalur Pantai Selatan (Pansela) / Kementerian PUPR


BERITAINSPIRATIF.COM - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar persiapan mudik Lebaran 2022 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat antusiasme pemudik yang sangat tinggi setelah tidak bisa mudik selama dua tahun akibat Pandemi COVID-19.

"Salah satu persiapannya adalah Lintas Pansela ini bisa menjadi alternatif bagi para pemudik, sehingga beban lalu lintas terbagi dan tidak menumpuk di Lintas Pantura dan Lintas Tengah Jawa," kata Menteri Basuki di laman Kementerian PUPR. 

Selain kondisi jalan yang sudah bagus, pemudik juga bisa sekaligus menikmati pemandangan di sepanjang jalur Pansela yang melewati banyak tempat lokasi wisata pantai.

Sebagai dukungan kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2022, Kementerian PUPR telah menyiapkan Posko Mudik Sapta Taruna termasuk di Jalan Pansela wilayah Jawa Tengah (Jateng) - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca Juga: Uji Coba Ganjil-Genap di Tol Cikampek Berjalan Aman dan Lancar

Sementara untuk keamanan pengendara, ada spot tertentu yang tidak ada PJU, kita pasang patok lalu lintas atau delineator pengaman, guardrail/pagar pengaman jalan, dan stiker pantul (reflektor).

Terkait masalah pasokan BBM di Pansela, BBPJN Jateng-DIY Kementerian PUPR  juga sudah mengecek ketersedian SPBU di Pansela.

"Ada 4 SPBU yang besar dan beberapa SPBU mini. Tempat istirahat juga sudah kita survei banyak juga sekarang tempat kuliner dan wisata pantai dibuka," ungkapnya.

Baca Juga: Sempat Tertunda, BPS Kota Bandung Kembali Lakukan Sensus Penduduk

Dikutip dari Kompas.com, total panjang Pansela Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan jalur Pansela memiliki total panjang 1.546,7 Km.

Jalur sepanjang 1.546,7 Km tersebut berada di Provinsi Banten sepanjang 169,45 Km, Jawa Barat 417,42 Km, Jawa Tengah 211,95 Km, DI Yogyakarta 120,38 Km, dan Jawa Timur 627,58 Km.

Jalur Terhubung

Dari total panjang tersebut, saat ini sudah terhubung sepanjang 1.242,7 KM, yakni dari wilayah Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari, sampai ke Pacitan di Provinsi Jawa Timur.

Sementara di DI Yogyakarta dan Jawa Timur belum terhubung sepenuhnya dan masih tersisa sepanjang 304,01 Km jalan yang tengah dirampungkan.

Baca Juga: Bensin Habis di Tol Hubungi Nomor Ini, Motoris BBM Pertamina Siap Antar

Di Provinsi DI Yogyakarta tembus 93,3 Km dan masih kurang 27,12 Km.

Sementara di Jawa Timur sudah terhubung 350,7 Km dan masih kurang 276 Km.

Lintasi 23 Kabupaten

Jalur Pansela terbentang di 5 provinsi yaitu mulai dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), hingga Jawa Timur.

Jika mengawali perjalanan dari Pelabuhan Merak dengan tujuan akhir di Banyuwangi, maka pemudik akan melintasi 23 kabupaten sekaligus.

Banten

Jalur Pansela di Provinsi Banten melewati Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan kabupaten Lebak.

Jawa Barat

Jalur Pansela di Provinsi Jawa Barat melewati Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran.

Jawa Tengah

Jalur Pansela di Provinsi Jawa Tengah melewati Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Purworejo.

DI Yogyakarta

Jalur Pansela di Provinsi DI Yogyakarta melewati Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Bantul, dan kabupaten Gunungkidul.

Jawa Timur

Jalur Pansela di Provinsi Jawa Timur melewati Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Banyuwangi.

Pansela Jalur Alternatif

Jadi jalur alternatif mudik Lebaran  Jalur Pansela dikenal sebagai jalur alternatif para pemudik yang ingin menghindari kemacetan di Jalur Pantura.

Selain itu, mudik melewati Jalur Pansela tentu lebih hemat biaya dibandingkan melalui Jalan Tol Trans Jawa.

Jalur Pansela terdapat sejumlah tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi oleh para pemudik sehingga mereka bisa mudik sambil berekreasi di perjalanan.

(RV)

Baca Juga:

TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

Berita Terkait