Pengurus Forum RW Kota Bandung Dilantik, Wali Kota: Tetap Jadi Mata dan Telinga Pemkot

Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama Badan Pengurus Forum RW Kota Bandung yang baru dilantik masa bakti 2022 -2027 di Pendopo Kota Bandung, Kamis (19/5/2022) / Forum RW Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Wali Kota Bandung Yana Mulyana didampingi Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan dan Sekda Kota Bandung Ema Sumarna menghadiri acara pelantikan dan pengukuhan Badan Pengurus Forum Rukun Warga (Forum RW) Kota Bandung masa bakti 2022 -2027 yang berlangsung di Pendopo Kota Bandung Jalan Dalem Kaum Nomor 56 Bandung pada Kamis, (19/5/2022).

Ketua Umum Forum Kota Bandung yang dilantik H. Lily Maulana terpilih melalui Musyawarah Kota (Muskot) III  yang telah berlangsung di Hotel Horison Bandung, pada Kamis (24/3/2022) lalu, sedangkan Susunan Badan Pengurus Forum RW Kota Bandung ditetapkan melalui rapat Tim Formatur yang berlangsung pada Minggu 10 April 2022 lalu.

Dipantau langsung Beritainspiratif.com, acara pelantikan diawali dengan tarian rampak kendang persembahan Putri Jaya Makalangan (PJM) dari Kelurahan Kebonpisang, yang merupakan persembahan dari Forum RW Kota Bandung.

Tonton Juga: Liputan Muskot III Forum RW Kota Bandung

Tonton : Video Pelantikan Badan Pengurus Forum RW Kota Bandung

Wali Kota Bandung Yana Mulyana di awal sambutannya menyampaikan selamat idul fitri 1443 H mohon maaf lahir bathin dan ucapan selamat kepada seluruh pengurus Forum RW Kota Bandung yang dilantik.

Lebih lanjut Yana menyampaikan bahwa Pemkot Bandung tentunya tidak bisa bekerja sendiri dan diperlukan bantuan dari berbagai pihak termasuk Forum RW Kota Bandung serta RT RW se-Kota Bandung.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh RT RW dan masyarakat Kota Bandung, yang telah melaksanakan proses vaksinasi bersama-sama,” ungkap Yana.

“Alhamdulillah, kondisi di Kota Bandung saat ini sangat sangat terkendali. Kasus positif yang terjadi tidak lebih dari 10 kasus per hari atau tidak lebih dari angka 5 persen,” ujarnya.

“Kami mengharapkan teman-teman RT RW dan  Forum RW Kota Bandung ini tetap dapat menjadi mata dan telinga dari Pemkot Bandung di berbagai masalah entah itu masukan atau menyelesaikan berbagai masalah yang ada di masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga: Ketum Forum RW Kota Bandung Terpilih Lily Maulana, Inilah Kiat-Kiatnya

Sementara itu Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengucapkan selamat kepada Pengurus Forum RW Kota Bandung yang baru dilantik, mudah-mudahan bisa menghadirkan program-program yang betul betul dibutuhkan oleh RT RW dan masyarakat Kota Bandung.

“Diharapkan tentunya bisa bekerja sama dengan  DPRD Kota Bandung dalam lingkup tugas kami dalam pengawasan budgeting dan pembentukan Perda Kota Bandung,” harapnya.

“Mari kita bekerjasama dan sama-sama sharing dalam rangka mewujudkan Kota Bandung yang unggul, nyaman dan sejahtera,” pungkasnya.

Baca Juga: Susunan Pengurus Forum RW Kota Bandung Masa Bakti 2022-2027

Sementara itu Ketua Badan Pendiri Forum RW Kota Bandung Juniarso Ridwan menyampaikan bahwa sebagai badan pendiri pihaknya memiliki satu konsesi bahwa Forum RW ini menjadi wadah perekat bagi para Ketua RT RW se Kota Bandung.

“Wadah silaturahmi. Tentu saja dengan wadah tersebut Forum RW Kota Bandung menjadi mitra terpercaya dan terdepan bagi eksistensi Pemkot Bandung,” ungkapnya.

“Kami berharap pula keberadaan Forum RW dapat lebih berperan mewujudkan kebersamaan dan kerukunan warga kota Bandung, dalam konteks pelaksanaan pembangunan yang diidam-idamkan semua pihak,” tambahnya.

Baca Juga: Halal Bihalal FRW Kota Bandung: Silaturahmi yang Paling Banyak Adalah RT RW

Dikesempatan yang sama Ketua Umum Forum RW Kota Bandung H. Lily Maulana usai dilantik menyampaikan alhamdulillah kami telah menerima  amanah yang diberikan oleh para pendiri Forum RW Kota Bandung.      

Kami Forum RW mulai dari tingkatan Kelurahan dan Kecamatan Kota Bandung sebagai wadah penerima aspirasi dan usulan dari Ketua RT RW, tentunya  dalam menjalankan tugas pelayanan sangat luar biasa.

“Pada masa Covid-19 yang lalu para Ketua RT RW, menjalankan tugas tidak lagi memikirkan kepentingan pribadi dan keluarganya. Hanya memikirkan bagaimana warga masyarakat bisa selamat dan bisa sehat apabila warganya ada yang terkonfirmasi Covid-19 dan harus isolasi mandiri, terutama kebutuhan sehari-harinya,” terangnya.

“Untuk itu Forum RW meminta kepada Pemkot Bandung agar selalu memperhatikan tugasnya para Ketua RT RW,” ujarnya.

“Insya Allah, dengan kehadiran Forum RW akan bersama-sama dengan Pemerintah membangun Kota Bandung dalam kebersamaan dan  bersinergi baik dengan Forum RW di Kelurahan/Kecamatan dalam melayani masyarakat,” jelasnya.

“Kami siap membantu Pak Wali dalam membangun Kota Bandung,” pungkas H. Lily.

Prosesi Pelantikan

Pelantikan Badan Pengurus Forum RW Kota Bandung masa bakti 2022 - 2027 diawali dengan pembacaan  Surat Keputusan Badan Pendiri Forum RW Kota Bandung yang dibacakan oleh H. Yana tentang penetapan Badan Penasehat dan Badan Pendiri FRW beserta susunan Badan Pengurus FRW secara lengkap.

“Ditetapkan di Bandung, pada tanggal 21 April 2022 Badan Pendiri Forum RW Kota Bandung ditandatangani Ketua dan Sekretaris Badan Pendiri FRW,” seperti yang dibacakan H. Yana selaku Sekretaris BP FRW Kota Bandung.

Prosesi pelantikan diawali dengan menghadirkan pengurus inti dan Ketua bidang Forum RW masa bakti 2022 -2027 dan pembacaan kata-kata pelantikan yang dibacakan oleh Ketua Badan Pendiri Forum RW Juniarso Ridwan.

“Apakah Saudara-Saudara bersedia untuk dilantik,” bersedia ujar pengurus FRW.

“Apakah Saudara-Saudara sanggup melaksanakan tugas dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab,” Siap ujar Pengurus FRW.  

Usai dilantik dilakukan penandatanganan Berita Acara pelantikan yang disaksikan Wali Kota Bandung dan Ketua DPRD Kota Bandung, ditutup dengan penyerahan surat keputusan serta dilanjutkan dengan penyerahan PATAKA dari Badan Pendiri FRW Kota Bandung kepada Ketua Forum RW Kota Bandung.

Acara juga diisi dengan penandatangan kesepakatan kerjasama dan pemberian santunan dan penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan  kepada ahli waris yang disampaikan oleh Wali Kota Bandung.

Tonton Juga: Video Halal Bihalal Forum RW Kota Bandung

Syukuran HUT Ke-19 Forum RW Kota Bandung

Pada pelantikan Pengurus Forum RW Kota Bandung masa bakti 2022 - 2027 ini begitu istimewanya, mengingat pelaksanaan pelantikan dilakukan bertepatan dengan Ulang Tahun Forum RW Kota Bandung yang ke-19 sejak berdiri pada 19 Mei 2003 - 19 Mei 2022.

Syukuran dilakukan dengan melakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua Badan Pendiri Forum RW Juniarso Ridwan yang diserahkan kepada Ketua Forum RW Kota Bandung H. Lily Maulana, dengan disaksikan oleh Wali Kota Bandung dan Ketua DPRD Kota Bandung dan Sekda Kota Bandung.

Dalam pelantikan tersebut hadir Wali Kota Bandung, Ketua DPRD Kota Bandung beserta anggota Dewan lainnya, Sekda Kota Bandung, Asisten/Kabag Pemkot Bandung, Ketua Kadin, Ketua PMI, Badan Pendiri Forum RW Kota Bandung, Kapolrestabes, Dandim, Kejaksaan, Pengadilan Kota Bandung  atau yang mewakili, KPU/Bawaslu Kota Bandung,  Ketua KNPI, Karang Taruna, DPD LPM,  FKPPI, Perwakilan Pasar Baru dan Ketua FRW periode sebelumnya Robbiana,  para Ketua OPD, Camat Arcamanik selaku Ketua Paguyuban Camat se Kota Bandung, Ketua Paguyuban Lurah, dan Ketua FRW Kecamatan/Kelurahan se-Kota Bandung dan hadirin lainnya.

(YI)

Baca Juga: 

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta