WOW ! 8 Polwan Dilantik Jadi Kapolsek di Wilayah Polda Metro Jaya

Foto: TBNews Polda Metro Jaya


BERITAINSPIRATIF.COM - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran melantik 28 Kapolsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Selasa (24/5/2022). Dari 28 Kapolsek tersebut, 8 orang merupakan polisi wanita (Polwan).

Dikatakan Kapolda, dilantiknya 8 orang polwan tersebut merupakan bentuk komitmennya dalam kesetaraan gender. Tidak hanya itu, hal tersebut merupakan konsistensinya untuk terus melakukan pembaruan di Polda Metro Jaya.

“Bagi saya, perempuan juga bisa memimpin. Ada beberapa kriteria yang membuat saya terus membangun komitmen dalam mengangkat polisi wanita menjadi Kapolsek,” kata Kapolda dalam amanatnya, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Polda Sumbar Terapkan 3 Huruf Dibelakang Pelat Nomor Kendaraan

Di sisi lain Kapolda mengungkapkan, perempuan memiliki sensitifitas yang tinggi, jiwa antikekerasan yang tinggi. Tidak hanya itu, perempuan juga lebih sensitif terhadap kekerasan dan kejahatan seksual.

“Perempuan lebih bisa dan lebih tajam dalam melakukan langkah-langkah soft. Buktikan itu dan bagi saya polwan dan laki-laki semua adalah setara,” ucapnya.

Irjen Fadil menyebut, kejahatan perkotaan selama ini didominasi oleh pelaku yang masih berstatus anak. Oleh sebab itu, Kapolda meminta kelebihan Kapolsek wanita untuk digunakan kelebihannya sebagai seorang ibu.

“Dalam melakukan pendekatan untuk mereduksi kejahatan yang melibatkan anak. Saya yakin Polwan lebih mampu membedakan mana penyakit masyarakat, mana kenakalan remaja, dan mana kelompok kriminal,” turur Kapolda.

“Dengan jiwa pengayom sebagai seorang ibu, saya kira semua ini anda bisa tangkap lebih jernih dan lebih tajam,” tambahnya.

Baca Juga: Ketua DPRD Kota Bandung Minta Pemkot Gelar Kembali Car Free Day

Adapun 8 Polwan yang dilantik Kapolsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya, sebagai berikut:

1. Kapolsek Cisauk dijabat AKP Syabillah Putri Ramadhani

2. Kapolsek Menteng dijabat Kompol Netty Rosdiana Siagian

3. Kapolsek Cimanggis dijabat Kompol SITI Fatimah Said Martandu

4. Kapolsek Cakung dijabat Kompol Syarifah Chaira Sukma

5. Kapolsek Penjaringan dijabat Kompol Ratna Quratul Aini

6. Kapolsek Cinere dijabat Kompol Jun Nurhaida Tampubolon

7. Kapolsek Sunda Kelapa dijabat Kompol Riza Sativa

8. Kapolsek Tajur Halang dijabat Iptu Tamar Bekti Widiasih Jalmi

(Yanis)

Baca Juga: 

Berita Terkait