Wow..Guru Besar Unpad Berlari Sejauh 63 Km Galang Dana untuk UKT Mahasiswa

Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Arlette Setiawan, drg., Sp.KGAm Subsp. AIBK(K), M.Psi., FSCDA, FIADH., berhasil mengummpulkan donasi sebesar Rp41,5 juta dengan berlari sejaun 63 kilometer. (Foto: Laman resmi Unpad)


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pandemi Covid-19 membawa dampak signifikan bagi masyarakat, terutama perekonomian keluarga. Hal ini berimbas pada beberapa mahasiswa yang mulai kesulitan memenuhi kewajiban UKT. Kondisi ini mendorong pengelola fakultas di Universitas Padjadjaran turut mencari solusi demi membantu kesulitan mahasiswa.

Berbagai program telah dilakukan. Salah satunya program penggalangan dana untuk pendidikan dan non-pendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi Unpad.

Melalui rangkaian Smart and Green Dentistry 2022, FKG Unpad menggelar program penggalangan yang cukup unik, yaitu melakukan lari jarak ultra dengan tujuan untuk penggalangan dana.

Baca Juga: Pakai Pita Hitam untuk Eril, Ujicoba Persib vs Tim Singapura Menang 6-1

Program ini digagas Guru Besar Bidang Ilmu Kedokteran Gigi Anak Prof. Dr. Arlette Setiawan, drg., Sp.KGAm Subsp. AIBK(K), M.Psi., FSCDA, FIADH. Prof. Arlette yang juga seorang pelari ini mencoba melakukan lari ultra atau lari dengan jarak lebih dari 50 kilometer untuk mendapatkan donasi membantu UKT mahasiswa FKG Unpad.

Tidak tanggung-tanggung, Prof. Arlette menempuh jarak sejauh 63 kilometer. Angka ini disesuaikan dengan usia FKG Unpad yang memasuki 63 tahun di 2022 ini. Mengambil tajuk “63k untuk #tetapkuliah”, Prof. Arlette menuntaskan lari maratonnya pada 25 – 26 Mei lalu.

“Tagar #tetapkuliah merupakan kata motivasi agar mahasiswa tetap berkuliah walaupun dalam kondisi sulit,” tulis Prof Arlette dalam rilis dilaman resmi Unpad.

Baca Juga: Hari Bhayangkara ke-76, Polri Gelar Sederet Lomba dan Umumkan Hoegeng Awards

Penggalangan dana sendiri telah dibuka melalui platform penggalangan dana Kitabisa dimulai dari 20 Februari hingga 31 Mei 2022. Dengan mengusung tema “Bersama Kita Bangkit, FKG Unpad”, aksi penggalangan dana ini menargetkan para alumni FKG untuk bergabung sebagai donatur beasiswa.

Prof. Arlette menjelaskan, target dana yang terkumpul dari program ini adalah sebesar Rp. 50 juta. Target penerima bantuan difokuskan untuk mahasiswa FKG Unpad.

Berjalan sekitar sebulan, terkumpul 152 donatur yang menyumbangkan hartanya melalui platform tersebut. Satu di antara donatur merupakan sejawat yang berhasil menggalang 40 donasi dengan melakukan kegiatan bersepeda dari Bandung hingga Pangandaran.

Total donasi yang terkumpul sebesar Rp. 41,5 juta. Donasi tersebut seluruhnya disumbangkan untuk peningkatkan kapasitas pendidikan pada program “Smart and Green Dentistry 2” FKG Unpad.

“Angka ini tentu jauh bila dibandingkan dengan beberapa kegiatan sejenis yang pernah saya ikut berpartisipasi. Namun menjanjikan untuk ke depannya bila pengelolaan dan perencanaan yang lebih baik, sehingga bisa menjadi ide kegiatan alumni dalam memperkuat endowment fund,” tutup Prof. Arlette.

(Yanis)

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   


Berita Terkait

  • Pemilu & Pilres
  • 05 Feb 2023
Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024