Pemkot Bandung dan Kadin Sepakat Kebut Pemulihan Ekonomi

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana usai bertemu Pengurus Kadin, di Balai Kota Bandung, Rabu (15/6/2022) / Humas Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Kamar Dagang Industri (Kadin) Kota Bandung terus bersinergi dalam pemulihan ekonomi. 

Untuk itu, Pemkot Bandung dan Kadin Kota Bandung akan bersama-sama berinovasi agar mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan juga sektor pariwisata berkembang.

"Kita bertemu dengan Kadin dan mudah-mudahan ke depan tetap bisa berkolaborasi dan bekerja sama," kata Wali Kota Bandung, Yana Mulyana usai bertemu Pengurus Kadin, di Balai Kota Bandung, Rabu 15 Juni 2022.

Menurutnya, PPKM level 1 Kota Bandung bisa menjadi jalan untuk pemulihan ekonomi. Apalagi secara teori, Kota Bandung telah menjadi wilayah endemi Covid-19.

"Secara teori (Kota Bandung) memasuki fase endemi. Kita bisa bersama-sama melakukan percepatan pemulihan ekonomi dan ada beberapa hal yang kita bahas bisa direalisasikan untuk percepatan pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 di Kota Bandung," bebernya. 

Baca Juga: Cukup KTP dan NPWP, UMKM Kini Bisa Ikut Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

Di tempat yang sama, Ketua Kadin Kota Bandung, Iwa Gartiwa menerangkan, Kadin siap berkolaborasi dengan Pemkot Bandung. 

"Dalam rangka kolaborasi dan sinergitas dengan pemerintah daerah. Syukur alhmdulillah sebetulnya tantangan ke depan ini pascapandemi Covid-19, sehingga salah satu yang bisa menyelesaikan pemulihan ini yaitu dengan kolaborasi," ujarnya. 

Iwa menyampaikan, sesuai tagline Kadin yaitu Kolaborasi, Akselerasi, Inovasi dan Digitalisasi mampu mempercepat pemulihan ekonomi. 

"Kolaborasi Kadin dengan Pemkot Bandung setiap hari Senin dan Kamis melakukan pertemuan dengan para UMKM kota bandung. Silahkan warga Kota Bandung bila ada yang kesulitan dalam dunia usaha bisa datang ke Kadin," ujarnya. 

Ia mencontohkan seperti peningkatan digitalisasi marketing agar lebih kreatif dalam pemasaran.

"Misalkan mau belajar digitaliasai marketing, belajar manajemen, packaging, termasuk dalam hal permodalan yang kita sudah bersinergi dengan perbankan," tuturnya. 

"Seperti desain yang kurang bagus kita kerja sama dengan perguruan tinggi dan kami kerjasama dengan kampus. Kami juga ada program SMK sahabat UMKM yang melibatkan anak SMK untuk magang di UMKM. Ini sangat membantu sekali untuk para UMKM dan program ini gratis," bebernya. 

Ia mengakui, perekonomian di Kota Bandung lebih baik dibanding kota lainnya. Dibuktikan seperti pertumbuhan ekonomi. 

"Alhamdulillah perekonomian Kota Bandung lebih baik dari pada kota-kota lainnya dan pertumbuhan perekonomian hampir 6 persen dari -2,28 persen. Tinggal kita memfasilitasi bisnis-bisnis yang baru pascapandemi termasuk memfasilitasi bisnis yang diciptakan anak-anak muda sekarang," katanya. **

(RV)

 

Berita Terkait