Diskar PB Kota Bandung Turunkan Rescue Bantu Evakuasi Korban Gempa Cianjur



Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menurunkan 18 anggota Pasukan Pencarian, Penyelamatan dan evakuasi (Rescue) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) untuk membatu pencarian korban gempa di Kabupaten Cianjur.

Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gungun Sumaryana mengatakan, pasukan rescue Kota Bandung melakukan pencarian korban di kawasan Jambudipa Warung Kondang Cianjur.

Selain itu pada Senin 21 November 2022 lalu tim rescue Kota Bandung juga membawa 10.000 kantung plastik, 100 lembar terpal plastik dan 100 selimut untuk korban gempa.

"Kami juga bekerja sama dengan BPBD Provinsi Jawa Barat, kemarin kita fokus untuk bantuan personil untuk penyelamatan dan evakuasi korban," ujar Gungun kepada Humas Bendung, Kamis 24 November 2022.

Baca Juga: YPIS Al-Azhar 30 Bandung, Roda Amal dan Corpcomm Telkom Peduli Gempa Cianjur

Gungun menuturkan, tim rescue Kota Bandung berhasil mengevakuasi tiga korban yang ditemukan dalam kondisi selamat di kawasan Jambudipa Warung Kondang Cianjur. 

"Alhamdulillah tim rescue kami bersama kabupaten Purwakarta dan kabupaten Bandung bisa menyelamatkan tiga orang yang berhasil ditemukan dalam kondisi luka luka," ujarnya.

Menurut Gungun, proses evakuasi ketiga korban tersebut juga melibatkan masyarakat sekitar.

Sedangkan satu korban lainnya, kata Gungun, berhasil ditemukan pada Rabu sore (23 November 2022), sudah dalam kondisi meninggal dunia.

Gungun menuturkan, pencarian korban terakhir di lokasi penempatan pasukan penyelamat Diskar PB memakan waktu sedikit lama.

"Pencarian korban terakhir cukup lama karena bangunan tiga lantai dan bertumpuknya material reruntuhan tembok," ujarnya.

Baca Juga:

-Inilah Daerah yang Dilewati Sesar Cimandiri, Penyebab Gempa di Cianjur

-Gempa Cianjur, Pemerintah Bantu untuk Rumah Rusak Berat Rp50 Juta

-Bukan Sesar Cimandiri, Ahli Unpad Ungkap Penyebab Lain Gempa Cianjur

-WAJIB TAHU! inilah 6 Cara Selamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

Setelah bertugas dua hari di Warungkondang, Gungun melanjutkan, seluruh pasukan rescue telah ditarik mundur kembali ke Bandung, Rabu malam untuk berganti tugas dengan yang lainnya.

Namun, lanjut Gungun, jika Posko Penanganan Bencana gempa Cianjur kembali membutuhkan, regu penyelamat Diskar PB kota Bandung siap diterjunkan kembali ke titik evakuasi lain nya.

"Pasukan kami sementara balik kanan ke Bandung setelah bertugas dalam pencarian dan penyelamatan selama dua hari. Nanti, regu lainnya akan meluncur ke Cianjur bila diperlukan," katanya.

Ia mengatakan, berdasarkan asesmen di lapangan para korban gempa saat ini, sangat membutuhkan air bersih, Obat-obatan dan makanan siap saji.

"Arahan dari pak Wali Kota Bandung dan Pak Sekda kami siap agar bantuan segera dapat dikirim," ucapnya. **

(RV) 

Baca Juga: 

-TONTON VIDEO-VIDEO BERITAINSPIRATIF   

-Beginilah Proses Tilang ETLE dan Cara Bayar Dendanya

-9 Pelaku Usaha Terbaik di Kota Bandung Raih Penghargaan UMKM Award 2022

-Heboh, Bunga Bangkai Tumbuh di Galengan Sawah di Kota Bandung

-Batas Usia Petugas KPPS Pemilu 2024 Maksimum 55 Tahun

Berita Terkait