Selain Mengobati Asam Urat, Inilah Manfaat lain Rebusan Daun Salam

Foto: Istimewa


BERITAINSPIRATIF.COM - Asam urat tinggi biasanya ditandai dengan rasa nyeri yang menyakitkan yang disebabkan terjadinya radang sendi kronis yang umum dikeluhkan oleh masyarakat. 

Asam urat tinggi harus segera diobati dengan tepat.  Sebab, asam urat tinggi jika dibiarkan bisa memicu komplikasi penyakit seperti penyakit ginjal. 

Ada beberapa gejala penyakit asam urat yang umum terjadi, di antaranya,  sendi mendadak terasa sangat sakit, kesulitan untuk berjalan akibat sakit.

Nyeri tersebut akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam, disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.

Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.

Baca Juga: Pemkot Bandung Ambil Langkah Penegakan Disiplin Salah Satu Oknum Camat

Meski gejala penyakit ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Tahukah Anda bahwa asam urat tinggi bisa diatasi secara tradisional dengan meng-konsumsi bahan alami tertentu, salah satunya bahan alami yang efektif menurunkan asam urat tinggi adalah Daun Salam.

Daun salam sering kita jumpai pada masakan Indonesia. Tidak hanya memberi rasa yang unik pada masakan serta bau yang khas ternyata daun salam menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Daun salam juga mengandung vitamin dan senyawa baik seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid, dan Flavonoid serta senyawa-senyawa lain. Kandungan inilah yang membuat daun salam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga:

-Forum RW Kota Bandung Sambangi DPRD, Minta Kenaikan Tarif PDAM Ditunda, Ini Hasilnya!

-Anggota DPRD Kota Bandung Hj. Siti Nurjanah Resmikan Sarana Air Bersih di RW 16 Sukamiskin

-Dibuka! Seleksi PPPK Tenaga Teknis, Cek Syarat & Cara Mendaftarnya Disini

Dikutip berbagai sumber berikut  manfaat daun salam bagi kesehatan.

1. Menurunkan kadar asam urat

Sudah bukan rahasia bila daun salam merupakan obat herbal asam urat. Daun salam mengandung senyawa aktif kuersetin, miristin, dan mirisetin yang berperan untuk menurunkan kadar asam urat.

2. Menurunkan gula darah, kolesterol dan trigliserida

Daun salam bermanfaat menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida, sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan diabetes tipe 2.

Antioksidan dalam daun salam mendukung tubuh untuk memproses insulin dengan lebih efisien, menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita diabetes dan penderita resistensi insulin.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengeringkan daunnya dan menjadikannya bubuk, kemudian mengonsumsinya secara rutin dengan menambahkan satu sendok teh menjadi dua ke dalam 200 mililiter (ml) air.

Baca Juga: 427 Petugas Diterjunkan Tangani Sampah Malam Tahun Baru di 5 Lokasi Kota Bandung

3. Penghilang rasa sakit

Minyak atsiri daun salam bernama Eugenol dan Methyl chavicol efektif membunuh bakteri dan jamur. Juga sangat baik untuk mengobati peradangan dan nyeri umum seperti keseleo, artritis dan rematik.

Memijat tubuh dengan minyak daun salam juga diketahui dapat membantu meredakan migrain dan sakit kepala. Ini juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan memberi rasa nyaman.

4. Mengurangi kecemasan dan stress

Manfaat rebusan daun salam yang lainnya adalah mengurangi kecemasan dan stres. Daun salam mengandung zat bernama linalol yang mampu menurunkan hormon stres dalam tubuh. Zat ini biasanya banyak terkandung di dalam aromaterapi.

5. Mencegah hipertensi

Manfaat daun salam lainnya yakni bisa menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah yang ada di dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan Anda dari hipertensi. daun salam yang mengandung flavonoid yang cukup tinggi dipercaya  mampu menurunkan tekanan darah.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Asam caffeic merupakan senyawa organik penting yang ditemukan dalam daun salam. Senyawa itu berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Asam caffeic dapat membantu menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air rebusan daun salam juga dipercaya mengandungan berbagai vitamin B6, B12, C, dan D yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Adanya vitamin C di dalam air rebusan tersebut ampuh dalam melawan radikal bebas.  Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh pun akan baik dan membuat orang tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga: Libur Nataru 2023, Diperkirakan 1,3 Juta Warga Kunjungi Kota Bandung

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda cukup mengambil 10 hingga 15 daun salam yang segar. Setelah itu, rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja dan minum secara teratur.

Berikut bahan dan cara mengolah daun salam sebagai obat asam urat.  

-Bahan:   10-25 lembar daun salam  

-Tiga gelas air

Anda cuci daun salam dengan air mengalir sampai bersih. Lalu, Anda rebus daun salam di dalam air mendidih hingga menyisahkan satu gelas air, lalu dibagi dua air rebusan daun salam tersebut dan diminum untuk dua kali sehari.

Selain pengobatan tersebut, direkomendasikan juga dilakukan perubahan gaya hidup, untuk membantu mengelola gejala asam urat sekaligus mengurangi risiko serangan asam urat.

Pencegahan Penyakit Asam Urat 

· Kurangi asupan alkohol. 

· Turunkan berat badan, jika kamu kelebihan  

· Berhenti merokok, jika kamu merupakan perokok.

· Minum banyak air untuk membantu ginjal berfungsi lebih baik dan menghindari dehidrasi.

· Berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan yang sehat. Sebab, berat badan ekstra meningkatkan asam urat dalam tubuh dan memberi lebih banyak tekanan pada persendian.

· Menghindari penggunaan obat-obatan tertentu. Misalnya seperti obat-obatan yang bersifat diuretik atau imunosupresan.

· Membatasi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan zat purin tinggi. Misalnya seperti daging merah, minuman beralkohol, hingga makanan dan minuman tinggi fruktosa. 

· Konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah yang memiliki antioksidan tinggi.

Makanan yang harus di Hindari

Jeroan, Seafood, Daging merah, Daging olahan, dan Minuman manis.

(YI)

-Inilah Tips Memilih Set Top Box dan Lokasi Penjualannya

-Daftar 8 Tol Gratis Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2023

-Ketua RW Diminta Update Aplikasi Sapawarga ke Jabar Super Apps

 

Berita Terkait