Pesan Haru Ridwan Kamil Saat Gantikan Mediang Putranya ERIL Wisuda di ITB

Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tampak Mediang Emmeril Khan Mumtadz / Humas Jabar


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan motivational speech kepada wisudawan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung di Teras FTMD ITB, Kota Bandung, Sabtu (8/4/2023). 

Selain memberikan motivational speech , Ridwan Kamil hadir untuk menggantikan almarhum Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang diwisuda sebagai Sarjana di Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB secara in absentia . 

"Tentunya hari ini hari berbahagia semua yang hadir. Alhamdulillah, sebanyak 186 yang diwisuda, salah satunya adalah ananda Emmeril Kahn Mumtadz, anak kami," kata Gubernur Ridwan Kamil. 

Baca Juga: Tanggapan Ketua Forum RT RW Kota Bandung, Terkait Permintaan 'Uang THR' ke Warga

Kepada 186 wisudawan yang hadir, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mendoakan agar diberikan kemudahan dalam meniti karier. 

"Anda sekarang sudah lulus akan mengarungi sebuah petualangan kehidupan. Saya doakan semoga diberi kemudahan, diberi jalan yang lurus, dan tercapai semua ikhtiarnya," ucapnya. 

Tak hanya itu, ia juga mengingatkan bahwa 20 tahun mendatang, tepatnya 2045, Indonesia akan menjadi negara adidaya. Wsudawan yang lulus hari ini akan menjadi orang-orang hebat dan membawa kemajuan negara Indonesia. 

"Di momen 2045, doa dari saya, yang wisuda hari ini akan menjadi orang-orang hebat. Mereka akan menjadi inventor, scientist ,  mungkin juga menjadi rektor. Saya juga mengingatkan, manusia paling mulia adalah yang hidupnya bermanfaat untuk masyarakat," imbuh Kang Emil. 

Baca Juga: Begini Cara Daftar Subsidi 'Konversi Motor BBM ke Motor Listrik'

Hal yang tak kalah penting, ia mewanti-wanti agar ilmu yang didapatkan selama kuliah untuk disebarkan pula kepada masyarakat sehingga keilmuan yang diperoleh berdampak kebaikan bagi kehidupan masyarakat. 

"Saya doakan jangan sampai ilmunya untuk diri sendiri. Gunakan ilmu untuk mengubah masyarakat menjadi baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur ," tandasnya. 

"Saya doakan, Anda semua menjadi orang mulia, manusia yang bermanfaat untuk masyarakat," ungkap Kang Emil. 

Emil mengatakan turut bangga bisa mewakilkan mendiang putranya untuk diwisuda secara in absentia.

"Saya hadir sebagai orangtua almarhum yang menggendong, memberi makan, mendidiknya, ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil Ungkap Peran Besar Almarhum Eril dan tak bisa menahan haru saat berdiri bedampingan dengan potret putranya.

"Kalau berkenan izinkan layar didampingi oleh almarhum Eril dalam bentuk foto karena menit-menit ini tak akan bisa tergantikan," ucap Emil dengan suara bergetar.

Emil juga menyampaikan, hakikat anak adalah titipan Tuhan.

"Anak kita itu bukan milik kita, anak kita hanya titipan melalui rahim ibu kita melalui rahim penjagaan kita yang suatu hari anak itu akan lepas melalui perjalanannya sendiri. Doa dan bekal ilmu kita titipkan agar perjalanan mereka membanggakan terus kita sampai akhir hayat kita itulah doa kita," tutupnya.

Baca Juga: WISUDA April 2023 SBM ITB, Bertaburan Penghargaan dan IPK 4.0 Ini Daftarnya

Sementara itu Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB Tatacipta Dirgantara menyampaikan selamat kepada wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan dengan maksimal. Bekal ilmu yang didapat dapat menjadi modal awal untuk mengarungi kehidupan baru dalam dunia pekerjaan. 

"Di tengah kondisi yang sangat baik kami mengucapkan selamat kepada wisudawan. Semua menyelesaikan pendidikan, ini tentu saja tonggak penting untuk kehidupan Saudara semua," ucapnya. 

Ia pun berpesan agar seluruh wisudawan dapat meraih mimpi-mimpi yang telah didambakan selama mengenyam pembelajaran dengan jalan yang mulus sehingga hal itu akan menguatkan untuk tetap berkarya di manapun berada. 

"Bersama kita menatap langkah. Kita siap menggapai tantangan masa depan, teruslah berkarya dan berjuang untuk mencapai mimpi," tutup Tatacipta.

Baca Juga: Link Mudik Gratis Pemprov Jabar, Siapkan Ribuan Tiket Bus dan Tiket KA

Unggahan Instagram Ridwan Kamil

Dalam unggahannya, Ridwan Kamil menjelaskan bahwa dirinya akan mewakili Eril untuk mengambil ijazah.

"Alhamdulillah, hari ini, Sabtu 8 April 2023, A Eril almarhum, akan diwisuda sebagai sarjana ITB secara in absentia. Saya akan mengambil ijazahnya mewakilinya," tulis Ridwan Kamil dalam unggahannya.

Mendiang Eril dinyatakan lulus dalam dua kali sidang untuk menguji tugas akhir miliknya.

Secara substansi, Eril dinyatakan mampu merampungkan tugas akhirnya.

Dalam sidang pertama digelar di fakultas dan sidang kedua dilakukan oleh beberapa guru besar serta professor.

"Projectnya Almarhum kira-kira adalah menciptakan Teknologi Scanning penyakit kulit menggunakan kamera hape, yang kemudian dibaca oleh machine learning. Kerja bersama tim nya," jelas sang Gubernur Jawa Barat itu.

"Sidang pertama di fakultas, kemudian hasil sidang di fakultas diuji lagi oleh beberapa Guru Besar atau Professor. Dan hasilnya Alhamdulillah dinyatakan memenuhi syarat standar ketat ITB," lanjutnya.

Namun, Ridwan Kamil menegaskan bahwa dirinya tidak pernah meminta secara khusus pada ITB soal wisuda mendiang putra sulungnya itu.

"Perlu digarisbawahi, kami sekeluarga tidak meminta ini. Karena sudah kami ikhlaskan semua hak/urusannya di dunia ini," tegasnya.

Menutup unggahannya, Ridwan Kamil menuliskan pesan haru atas prestasi yang dicapai mendiang putra sulungnya itu.

"Selamat ya, A. Kami semua bangga sama kamu. Alfatihah dan doa terbaik kami kirimkan untukmu," pungkasnya.

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

Berita Terkait