Polisi RW Tingkat Jabar Diresmikan, 32 Ribu Personil Polri disebar di 70 Ribu RW

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran, Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus dan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Agus Saepul foto bersama usai meluncurkan program polisi RW Tingkat Provinsi Jawa Barat pada upacara yang berlangsung di halaman depan Gedung Sate Jl. Diponegoro, Senin, (15/5/2023) / Foto: Bicom-Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus dan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Agus Saepul mewakili Pangdam Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, resmi meluncurkan program polisi RW Tingkat Provinsi Jawa Barat pada upacara yang berlangsung di halaman depan Gedung Sate Jl. Diponegoro, Senin, (15/5/2023). Acara peluncuran Polisi RW ini juga diikuti oleh seluruh Polres Kabupaten/Kota se Provinsi Jawa Barat secara virtual.

Polda Jabar  menerjunkan 32 ribu personel Polri yang disebar hampir di 70 ribu RW yang ada di 27 kota/kabupaten di Jabar.

Dipantau Beritainspiratif.com  di lokasi acara, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh anggota Polda Jawa Barat, yang telah berjuang keras menciptakan lingkungan yang aman dan tertib untuk masyarakat Jawa Barat.

“Serta kinerja Polda Jabar yang luar biasa, tingkat kriminalitas di Jawa Barat, tergolong rendah mengingat jumlah penduduk Jawa Barat yang hampir mencapai 50 juta jiwa,” ungkap Ridwan Kamil.

Lebih lanjut Ridwan Kamil menyampaikan keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggal adalah hal yang penting bagi kita semua.

“Oleh karena itu dengan hadirnya Polisi RW diharapkan dapat memperkuat dan meningkatkan keamanan di wilayah tempat tinggal masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Setiap RW di Kota Bandung Kini Dijaga oleh Polisi

Baca Juga: Kapolrestabes Bandung Sapa Ketua RW di Acara Launching Polisi RW

Emil (panggilan Akrab Ridwan Kamil, red) mengungkapkan dengan dibentuknya Polisi RW semoga akan lebih mendekatkan layanan keamanan kepolisian, ditengah-tengah masyarakat dari persoalan yang dihadapi, baik keamanan ketertiban lingkungan.  

“Polisi RW akan menjadi jembatan antara warga dan pihak keamanan, sehingga akan meningkatkan koordinasi dan effektivitas dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” lanjutnya.

“Saya berharap program Polisi RW Jawa Barat, akan menjadi contoh teladan yang baik untuk daerah-daerah lainnya di Indonesia,” tambahnya.

Dengan semangat sabilulungan semangat gotong royong, lanjut Emil,  semangat kolaborasi antara masyarakat dan pihak keamanan, insya Allah kita dapat menciptakan suasana lingkungan yang lebih aman dan damai.

“Khususnya menghadapi Pemilu 2024 kami harap peran polisi menjadi lebih aktif untuk memastikan bahwa pemilu tahun depan, berjalan dengan aman dan kondusif, damai dan adil,” tegasnya.

Baca Juga: Tugas POLISI RW: Ini Kata AKBP Sutorih 'KOBOY KABAYAN' Polrestabes Bandung

Tonton: Video Upacara Lauching Polisi RW Tingkat Jabar

Diungkapkan bahwa Polisi harus memastikan bahwa pemilu berlangsung secara adil dan transparan, sehingga masyarakat dapat memiliki kepercayaan dan keyakinan dalam hasil pemilu.

“Polisi harus menjadi pengayom masyarakat, dan memastikan bahwa hak dan kepentingan setiap  warga negara dilindungi dan dihormati,” jelasnya.

Disamping itu polisi harus bersikap netral dalam pemilu dan tidak berpihak kepada calon atau partai tertentu.

“Polisi harus mengedepankan profesionalitas dan integritas dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian selama pemilu,” lanjutnya.

“Akhir kata saya mengucapkan selamat atas peluncuran Polisi RW se Jawa Barat, semoga Polisi RW ini dapat memberikan manfaat yang besar, bagi keamanan dan ketertiban masyarakat,” ungkap Emil.

“Rasa terima kasih kami khususnya kepada Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran, atas gagasannya yang luar biasa terhadap Polisi RW,”pungkasnya.

Baca Juga: Forum RT RW Kota Bandung Hadiri Launching Polisi RW Tingkat Jabar

Acara dilanjutkan dengan penyematan bet, rompi dan pembacaan ikrar deklarasi Polisi RW oleh perwakilan yang dilakukan Gubernur Jawa Barat, Kapolda Jabar dan oleh Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Agus Saepul. 

“Dengan mengucapkan bismillahirrohmanirohim kami launching Polisi RW jajaran Polda Jawa Barat Tahun 2023,” ungkap Ridwan Kamil.

Peresmian ditandai dengan penekanan sirene secara bersamaan serta pemukulan kentongan sebagai wujud kearifan lokal budaya di Jawa Barat di tingkat RW, yang diikuti pula oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran.

Usai acara tersebut Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran melakukan dialog langsung secara virtual dengan Kapolres Bogor dan Karawang serta dialog langsung bersama Ketua Forum RT RW Kota Bandung H. Lily Maulana.

Acara ditutup dengan foto bersama dan tanya jawab dengan awak media yang hadir.

Baca Juga: Dialog Kabaharkam Polri Dengan Ketua RW Kota Bandung: Polisi RW Itu Bukan Untuk Menangkap

Sekilas Tugas Polisi RW

Program Polisi RW dilaksanakan agar polisi bisa mendengarkan langsung keluhan yang dirasakan oleh masyarakat sekaligus mencari solusi yang tepat. Dengan demikian, permasalahan pun akan cepat terselesaikan.

Selain itu, kehadiran polisi RW di tengah-tengah masyarakat, untuk mencatat, mendengarkan keluhan warga hingga memberikan solusi terkait permasalahan gangguan Kamtibmas yg diterimanya.

Diharapkan dengan kehadiran polisi RW ini masyarakat bisa lebih cepat melapor ketika terjadi permasalahan di lingkungannya.

Kehadiran polisi RW diharapkan mampu mempercepat penyelesaian permasalahan gangguan Kamtibmas dengan tetap mengedepankan kerja sama dengan semua pihak (Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah, ketua RW dan segenap tokoh masyarakat).

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

-PT KAI Buka Lowongan Kerja SMA - S1 di Job Fair

-BUMN Buka Rekrutmen Bersama D3-S2 Pada 11 Mei 2023, Ini Persyaratannya!

-LPDP Kementerian Keuangan Buka Lowongan D3 - S2 Berbagai Posisi

-Setiap RW di Kota Bandung Kini Dijaga oleh Polisi RW
-Satgas Trotoar Kota Bandung Segera Bergerak, Ini yang Akan Ditertibkan

Berita Terkait