Pertama Kali Berpartisipasi, BI Borong 3 Penghargaan Kehumasan

dok. Bank Indonesia


BERITAINSPIRATIF.COM - Bank Indonesia (BI) berhasil meraih penghargaan pada 3 (tiga) kategori dalam Anugerah Media Humas (AMH) 2023, puncak pemberian penghargaan tahunan yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Ketiga penghargaan tersebut diberikan atas sejumlah produk komunikasi yaitu siaran pers, website, dan media internal terbaik dalam mendukung tema tahun ini yaitu Keketuaan ASEAN Indonesia 2023. Penghargaan diberikan pada Malam AMH di Surabaya, Jawa Timur (30/10), setelah serangkaian proses penjurian oleh para pemimpin redaksi media terkemuka dan penggiat media sosial di Indonesia.

Anugerah Media Humas merupakan penghargaan kepada lembaga yang dinilai sukses dalam kehumasan dan komunikasi publik. Penghargaan ini diberikan kepada kementerian negara/lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, dan perguruan tinggi negeri.

Tahun ini, Kemenkominfo memperlombakan enam kategori, yakni penerbitan media internal (inhouse magazine), siaran pers, website, media audiovisual, media sosial, kampanye komunikasi public. Selain itu terdapat dua penghargaan khusus yakni penghargaan juara umum Anugerah Media Humas 2023 dan penghargaan untuk Penyuluh Informasi Publik (PIP).  

Baca Juga: Komisi Informasi Jabar Apresiasi Sistem Layanan Informasi Kota Bandung

Pada kesempatan itu Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, Usman Kansong menyampaikan bahwa glorifikasi pada event Keketuaan Indonesia pada KTT ASEAN 2023 tersebut tidak terlepas dari peran humas. Diperlukan satu langkah strategis untuk mengelola berbagai medium komunikasi.

"Kini saatnya meningkatkan sinergitas antar humas lembaga untuk orkestrasi pembangunan agar berdampak besar bagi Indonesia dengan tujuan mencapai nation branding," ujar Usman Kansong dalam keterangan resmi BI, Selasa (31/10/2023).

Lebih lanjut, Usman menambahkan, AMH ini dapat menjadi peluang bagi instansi untuk menilai kemampuan dan kualitas kerja dalam kurun waktu satu tahun.

"Harapannya pemerataan dan peningkatan kualitas kehumasan dapat terwujud. Usman menyampaikan selamat pada seluruh penerima anugerah pada hari ini," lanjutnya.

Baca Juga: Baru Dilantik KSAD, Jenderal TNI Agus Subiyanto Diusulkan Jadi Panglima TNI

Sementara itu Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono dalam siaran persnya, Selasa (31/10/2023) menyampaikan, bahwa tahun ini merupakan kali pertama Bank Indonesia berpartisipasi dalam AMH yang dilakukan dengan pendaftaran dan penyampaian laporan.

Dalam mendukung aspek komunikasi penyelenggaraan Keketuaan ASEAN 2023 sepanjang tahun ini, BI telah menerbitkan produk komunikasi dalam berbagai kanal. Produk tersebut di antaranya sebanyak 37 (tiga puluh tujuh) siaran pers yang berkaitan dengan perhelatan ASEAN, website yang memuat publikasi dan landing page khusus ASEAN, dan menerbitkan majalah FOKUS setiap bulannya sebagai wadah edukasi keketuaan ASEAN bagi pegawai BI. 

"Atas intensitas dan kualitas produk komunikasi tersebut, pada kategori Kementerian dan Lembaga sera BUMN/BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri, BI meraih peringkat pertama (1) pada siaran pers, peringkat pertama (1) pada website, dan peringkat ketiga (3) pada inhouse magazine," pungkasnya. 

Lihat Berita dan Artikel lainnya di: Google News 

(YI) 

Baca Juga:

-Berita Liputan Lainnya di Video Youtube Bicom

-Daftar Kota Terpanas di Indonesia, Suhu Mencapai 39,4 Derajat

-Lurah Sukamiskin Berbagi Tips Keberhasilan Kepada Lurah dan Kades Kab. Kutai Kartanegara

-Satgas Darurat Sampah Kota Bandung: Yang Boleh Dibuang ke TPS Itu, Sampah Residu!

-12 RW di Kota Bandung Raih Penghargaan PROKLIM dari Kementerian LHK, Ini Daftarnya!

-Daftar Wisudawan ITB Lulus dengan Nilai IPK TERTINGGI Oktober 2023

-Terbesar Kedua di Indonesia! Bandara Kertajati Sudah Beroperasi Penuh, Ini Rutenya

Berita Terkait