302 Orang Ketua OSIS Lolos Seleksi Masuk IPB University



BERITAINSPIRATIF.COM - IPB University mengumumkan nama-nama peserta yang lolos masuk IPB University melalui jalur Ketua OSIS, jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) dan jalur Kelas Internasional untuk Warga Negara Indonesia (WNI), (7/4/2022).

Dikutip laman resmi IPB University, dari sebanyak 824 pelamar jalur Ketua OSIS, sebanyak 302 orang dinyatakan lolos seleksi. Jalur Ketua OSIS adalah seleksi jalur mandiri IPB University yang khusus diperuntukkan bagi para Ketua OSIS jurusan IPA di Indonesia.

Skema ini dikembangkan untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA. Sekaligus dituntut untuk memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB menjadi calon pemimpin berintelektual dan berintegritas tinggi. 

Baca Juga: Baru 15 Tahun Maziyah Sudah Diterima SNMPTN Unpad, Ini Rahasianya !

Adapun calon mahasiswa akan mendapatkan pelatihan kemimpinan, kewirausahaan, dan pelatihan lainnya. Melalui skema ini, diharapkan dapat menghasilkan calon pemimpin yang memimpin dengan pendekatan scientific, atau menerapkan scientific based leadership.

Sementara itu sebanyak 139 orang dinyatakan lolos jalur PIN setelah bertarung dalam seleksi yang diikuti oleh 899 pelamar. Jalur PIN adalah jalur yang memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/Sederajat atau SMK berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstra kurikuler. 

Siswa yang dapat mendaftar adalah siswa berprestasi  dalam lomba di tingkat internasional dan nasional. Antara lain dalam kegiatan  lomba karya ilmiah, olimpiade matematika, fisika, kimia, biologi, dan informatika, olahraga, hafizh, pramuka, dan seni.

Baca Juga: Berbagi 1.000 Takjil, Plt. Wali Kota Ajak Warga Kota Bandung Taat Pajak

Untuk jalur Kelas Internasional yang diumumkan pada hari ini adalah untuk peserta WNI. Dari total 131 pelamar, sebanyak 89 orang dinyatakan lolos menjadi mahasiswa baru IPB University tahun ini yang juga disebut dengan Angkatan 59.

Jalur Kelas Internasional adalah jalur yang ditawarkan bagi calon mahasiswa yang ingin merasakan suasana kuliah layaknya di luar negeri dengan bahasa utama, Bahasa Inggris.

Ada dua jenis penerimaan di jalur ini yaitu untuk peserta WNI dan peserta warga negara asing (WNA). Untuk WNI masih terbuka gelombang 2 bersamaan dengan SM-IPB. Untuk hasil seleksi jalur peserta WNA, ujian masuk akan dilaksanakan pada tanggal 22 Mei dan diumumkan tanggal 30 Mei 2020. 

Ada lima program studi yang ditawarkan di jalur ini yaitu  Kedokteran Hewan, Teknologi Pangan, Teknik Industri Pertanian, Sekolah Bisnis, serta Ilmu dan Teknologi Kelautan.

Seluruh calon mahasiswa baru dari jalur Ketua OSIS, PIN dan jalur Kelas Internasional (WNI) diminta untuk melakukan registrasi melalui  laman registrasi.admisi.ipb.ac.id.


Berita Terkait