BBGRM XIX Tahun 2022, Arcamanik Hadirkan Perubahan Bangun 'Bojong Awi Park'

Camat Arcamanik didampingi Ketua DPD LPM Kota Bandung, Ketua DPC LPM Arcamanik, usai peresmian BBGRM XIX Tahun 2022 di Bojong awi kelurahan Cisbinhar, Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, Senin (1/8/2022) / Foto: Beritainspiratif.com - Yayan


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Penyelenggaraan Apel dalam rangka Bulan Bhakti Gotong Royong Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (BBGRM LPM) XIX Tingkat Kecamatan Arcamanik  berlangsung di Lapangan Volley Bojong Awi RW. 04 Jalan Golf I Kelurahan Cisaranten Binaharapan Kecamatan Arcamanik Kota Bandung pada Senin, (1/8/2022) pagi.

Hadir dalam apel BBGRM tersebut Camat Arcamanik, Ketua DPD LPM Kota Bandung, Para Lurah, Danramil, Kapolsek diwakili Kanit Binmas AKP Rose, ASN se-Kecamatan, MUI, KUA, Puskesmas, PKK, LPM se-Kecamatan Arcamanik, Karang Taruna, Forum RW dan Ketua RW se-Kecamatan Arcamanik, KPAE, Tim Penyuluhan Pertanian, KIM, KNPI, ormas PP atau yang mewakili lainnya, serta anggota DPRD Rendiana Ewangga.

Bertindak sebagai pembina apel Camat Arcamanik  Willi Yudia Laksana sedangkan pemimpin apel dipimpin Kasie Ekbang Kelurahan Sukamiskin Sulaeman.

Ketua DPC LPM Kecamatan Arcamanik Aan Sumaedi dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak dan masyarakat yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan BBGRM XIX tingkat Kecamatan ini.

“Kegiatan ini dibiayai oleh berbagai pihak seperti swadaya, LPM Kelurahan se-Kecamatan Arcamanik, serta dari Kecamatan Arcamanik,” ujar Aan.  

Baca Juga: Arcamanik Boyong 2 Penghargaan Turnamen Sepak Bola Wanita Piala Wali Kota Bandung

Baca Juga:

- Hari Ini Kemenkes Mulai Gelar Vaksinasi COVID-19 Booster Dosis 2

- Bandung Barometer Sepak Bola Puteri, 30 Kecamatan Ikuti Wali Kota Cup 2022

- Sepak Bola Wanita Piala Wali Kota Bandung, 8 Kecamatan Lolos ke Babak Selanjutnya

- Inilah Logo Hari Jadi Kota Bandung Tahun 2022, Simak Maknanya

Acara BBGRM Tingkat Kecamatan ini dibuka dengan ditandai pemukulan gong yang dilakukan oleh Camat Arcamanik, dilanjutkan penyerahan secara simbolis alat kebersihan.

Selain itu acara diisi juga dengan penyerahan surat penghargaan kepada Ibu Siti Nasronah sebagai penggagas Bang Kasep (Bangga Kagungan Septictank) yang diserahkan Camat Arcamanik. Selain surat penghargaan Camat Arcamanik juga menyerahkan 1 unit sepeda.

“Sepedah ini khusus buat ibu,” ujar Camat Arcamanik.

Camat Arcamanik  Willi Yudia Laksana dalam sambutannya menyampaikan bahwa BBGRM adalah agenda rutin setiap tahun dan menjadi ruh nya LPM. Jadi gotong royong ini harus menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Terkait lokasi pencanangan BBGRM tahun 2022 di Bojong Awi Kidul RW 04 Kelurahan Cisaranten Bina Harapan adalah berdasarkan penilaian dan  ingin mencoba menselaraskan antara program kelurahan dan program kecamatan.

“Selain itu disini juga telah dibangun lapangan volley dan sarana air bersih disisi kali Cijalupang oleh Kelurahan Cisaranten Bina Harapan, selain itu disisi sebelah kanan juga tampak ada aktifitas pembangunan taman yang akan diresmikan dengan nama Bojong Awi Park,” ujar Camat Arcamanik.

“Kita akan hadirkan perubahan-perubahan yang membawa kebermanfaatan bagi masyarakat, termasuk Buruan SAE dan TPS Sementara melalui koordinasi dinas terkait,” tambahnya.

Camat Arcamanik juga mengungkapkan beberapa capaian yang telah diraih di Arcamanik diantaranya Bang Kasep yang mendapat apresiasi dari beberapa level di pemerintahan hingga tingkat pusat.

“Kami ingin program Bang Kasep ini diselesaikan sampai tuntas, tidak hanya sebatas jargon-jargon saja, tapi kita sepakat akan dilanjutkan terus, termasuk satgas anti rentenir (Baret/berantas rentenir),” ungkapnya.

Saksikan : Video Apel BBGRM Tahun 2022 Tingkat Kecamatan Arcamanik

Usai pencanangan BBGRM tingkat Kecamatan Arcamanik, acara dilanjutkan dengan simbolis penanaman pohon mulai dari Camat, Ketua DPD LPM Kota Bandung, DPC LPM Arcamanik, Lurah serta unsur lainnya yang hadir.

Ditemui langsung Beritainspiratif.com di lokasi penanaman pohon Lurah Cisaranten Bina Harapan D. Mardeni mengungkapkan bahwa di lokasi taman bojong awi kita taman 40 tanaman buah-buah.

“Kita tanam 40 pohon buah-buahan, terdiri mangga, durian, lengkeng, rambutan dan pete. Diharapkan dilahan Taman Bojong Awi Park ini akan jadi taman buah-buahan sepanjang bantaran sungai, untuk kemudian dikembalikan lagi untuk dimanfaatkan oleh masyarakat dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi mereka.” terang Lurah Cisbinhar.

Sementara Camat Arcamanik mengungkapkan bahwa sengaja BBGRM tahun 2022 di pusatkan di Cisaranten Bina Harapan ini. Kita akan menghadirkan konsep pemanfaatan lahan/pekarangan melalui perkebunan, pertanian.

“Insya Allah dalam waktu dekat akan kita resmikan dengan nama Bojong Awi Park,” jelasnya.

Ketua DPD LPM Kota Bandung Merdi Hajiji menyampaikan BBGRM di kecamatan Arcamanik ini akan kita bawa dan lakukan penilaian mudah-mudahan dapat bersaing di tingkat kota hingga tingkat nasional.

“Kriteria penilaiannya adalah harus dapat melaksanakan dan mencakup 4 bidang yakni kemasyarakatan, di bidang ekonomi, di bidang sosial budaya dan agama serta di bidang lingkungan. Porsi/rasio sama dari keempat bidang tersebut dan mendapat apresiasi serta didukung oleh kita semua,” pungkas Merdi.

Ditambahkan oleh Ketua DPC LPM Kecamatan Arcamanik Aan Sumaedi, kami sedang giat-giatnya membangun wilayah melalui kerjasama dan kolaborasi berbagai pihak, sehingga di Arcamanik ini dapat terbentuk wilayah yang harmonis, dinamis,” jelasnya.

Turut hadir dalam pencanangan BBGRM anggota DPRD Kota Bandung Rendiana Ewangga dari Partai Nasdem yang merupakan wilayah basisnya mengungkapkan akan terus memberi dukungan terhadap pembangunan di wilayah Arcamanik ini, khususnya Cisbinhar.

“Taman Bojong Awi ini adalah salah satu bentuk dukungan kami di wilayah Arcamanik, sebagai ruang interaksi masyarakat” ungkapnya.

(YI)

Baca Juga: 
 

Berita Terkait